Jokowi Disadap, Roy Suryo: Alat Sadapnya Teknologi Lama

by
February 21st, 2014 at 4:57 pm

Solo (CiriCara.com) – Isu penyadapan yang menimpa Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) masih terus menarik perhatian publik. Banyak yang penasaran dengan identitas dari oknum yang telah memasang alat sadap di rumah dinas Jokowi.

menpora roy suryo

Roy Suryo – Ist

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo pun akhirnya ikut berkomentar mengenai teknologi yang dipakai untuk menyadap Jokowi. Pria yang juga dikenal sebagai pegiat telematika itu menilai alat sadap yang dipasang di rumah Jokowi itu teknologi lama.

“Kalau alat sadapnya ada di situ, itu merupakan teknologi lama. Apalagi kalau yang disadap bisa menemukan alat sadapnya,” kata Roy usai melakukan pertemuan dengan keluarga Keraton Solo di Hotel The Sunan Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/2/2014).

Lihat juga: Video Insiden Roy Suryo Salah Nyanyi Lagu Indonesia Raya.

Roy pun menilai bahwa pelaku yang memasang alat sadap di rumah dinas Jokowi itu masih amatiran (belum ahli) di bidang intelijen. Terbukti, aksi penyadapan tersebut bisa diketahui dengan mudah oleh Jokowi.

“Yang nyadap harus belajar lagi,” kata Roy.

Lebih lanjut, Roy menilai bahwa alat sadap yang ditemukan Jokowi pada Desember 2013 lalu itu sudah dijual bebas di pasaran. Menurut Roy, saat ini sudah banyak toko eletronik yang menjual alat sadap dengan harga yang murah.

“Tidak sampai Rp 1 juta. Ratusan ribu sudah bisa untuk membelinya (alat sadap),” kata Roy.

Meskipun demikian, Roy tetap menganggap penyadapan yang dilakukan terhadap Jokowi itu telah menyalahi Undang-Undang. Pasalnya, penyadapan terhadap seseorang itu hanya boleh dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saja.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi berhasil menemukan 3 alat sadap di rumah dinasnya di Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Kemudian, penemuan alat sadap itu diungkapkan oleh Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo.

(YG)

Comment di sini