Cara Mengamankan Diri Dari Alat Sadap

by
February 24th, 2014 at 3:11 pm

CiriCara.com – Alat sadap ternyata sudah dijual secara bebas di sejumlah toko eletronik di Indonesia, baik secara online maupun langsung. Tidak hanya aparat saja, masyarakat biasa pun sudah bisa membeli alat sadap.

alat sadap

Telepon disadap – Ist

Penjualan alat sadap yang dilakukan secara bebas ini tentu akan mengancam keamanan privasi semua orang. Karena bisa saja alat sadap itu justru digunakan untuk hal-hal negatif yang bisa merusak nama baik seseorang.

Karenanya Anda diminta untuk lebih waspada lagi dalam beraktivitas. Jangan sampai aktivitas pribadi Anda menjadi konsumsi publik karena direkam oleh alat sadap. Perhatikan kondisi lingkungan di sekitar Anda.

Berikut cara mengamankan diri dari alat sadap:

1. Periksa kondisi lingkungan

Anda harus membersihkan lingkungan dalam rumah dan tempat bekerja secara rutin. Pastikan tidak ada alat sadap yang terpasang di ruangan Anda. Periksa semua barang-barang yang menurut Anda mencurigakan.

2. Klasifikasi sandi digital

Bagi Anda yang suka berkirim pesan, sebaiknya data diberi tambahan kode algoritma enkripsi sebelum pesan dikirimkan. Hal ini bertujuan untuk mempersulit penyadap, karena kode algoritma itu bisa berfungsi sebagai pengunci data.

3. Awasi pemasangan barang

Jika ada teknisi yang akan memasang atau memperbaiki suatu barang di rumah Anda, sebaiknya awasi terus gerak-geriknya. Karena bisa saja si teknisi itu akan memasang kamera tersembunyi di tempat Anda.

alat sadap bentuk jam dinding

Contoh alat sadap dengan kemampuan merekam video – Ist

4. Kamera pengintai

Sebelum diintai oleh orang lain, sebaiknya Anda memasang kamera pengintai di depan pintu ruangan. Dengan demikian Anda bisa mengawasi siapa saja yang telah masuk ke ruangan tersebut tanpa ijin dari Anda.

5. Waspada tempat umum

Pelaku penyadapan juga biasa memasang alat sadap di tempat umum. Anda harus waspada saat akan pergi ke toilet atau WC. Hal ini karena tempat tersebut sering dijadikan sasaran “iseng” para pelaku penyadapan.

Baca juga: Rumah Dinas Jokowi Disadap dengan 3 Alat Sadap.

Meskipun Anda bukan merupakan pejabat atau selebritis terkenal, Anda tetap mempunyai risiko menjadi korban penyadapan. Jadi, ada baiknya Anda mulai waspada dari sekarang.

(YG)

Comment di sini