Mengapa Layanan WhatsApp Down (Mati)?

by
February 24th, 2014 at 6:32 pm
4 jam layanan WhatsApp mati / Ist

Layanan WhatsApp Mati

Ciri-Cara.com – Sempat mengalami gangguan selama 4 jam, layanan instan messenger WhatsApp mendapat keluhan dari para penggunanya. Sejak pukul 02.00 WIB pada hari Minggu (23/2/2014), para pengguna mengeluhkan mereka tidak bisa mengirim dan menerima pesan dengan layanan WhatsApp. Bukan hanya di Indonesia, ternyata di beberapa negara lain pun mengalami hal yang sama. Dari pihak WhatsApp sendiri mengakui adanya gangguan dalam layanan milik mereka. “Ini telah menjadi masalah terpanjang dan terbesar dalam beberapa tahun belakang dan mempengaruhi semua pengguna kami.” tulis CEO WhatsApp Jan Koum dalam e-mail di situs The Verge.

Menurut Jan Koum, masalah ini terjadi akibat dari rusaknya router jaringan yang menyebabkan pengguna tidak bisa mengakses server-server milik WhatsApp. Saat ini WhatsApp sendiri sudah memiliki server sebanyak 600 server yang digunakan untuk melayani pengiriman hingga 50 miliar pesan per hari yang dikirim dan diterima oleh 450 juta penggunanya.

Setelah permasalahan ini, Jan Koum berjanji akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya masalah yang sama. Matinya layanan ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan pemberitaan besar atas pembelian WhatsApp oleh Facebook yang mencapai nilai 19 miliar dollar AS atau sekitar Rp 223 triliun pada Kamis lalu (20/2/2014).

Comment di sini