Siapakah yang Dicurigai Menyadap Jokowi?

by
February 24th, 2014 at 4:10 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sejak mencuatnya isu penyadapan yang terjadi di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Jokowi, banyak yang penasaran dengan identitas pelaku penyadapan. Sejumlah pendapat pun mulai bermunculan mengenai orang yang patut untuk dicurigai.

jokowi gubernur

Jokowi – Ist

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa pihaknya menemukan 3 alat sadap di kediaman Jokowi di Menteng, Jakarta Pusat. Alat sadap tersebut diletakkan pelaku pada tiga tempat yang berbeda.

Setelah isu penyadapan tersebut ramai diberitakan media, sejumlah tokoh ternama di Indonesia pun mulai angkat bicara. Mereka menyampaikan pendapatnya masing-masing mengenai pelaku dari penyadapan Jokowi tersebut.

Ada pendapat yang menyebutkan bahwa penyadapan Jokowi itu dilakukan oleh pihak di luar negeri. Apalagi baru-baru ini isu sadap-menyadap antar negara makin santer diberitakan, bahkan sudah menjadi isu global.

Dugaan tersebut mengacu pada wacana pencapresan Jokowi pada Pemilu 2014. Pihak luar negeri memiliki kepentingan besar secara politik dan ekonomi. Ditambah, Indonesia juga memiliki pengaruh yang cukup besar di wilayah Asia Tenggara. Jadi, wajar saja jika Jokowi yang digadang-gadang menjadi calon Presiden Indonesia jadi sasaran sadap.

Sementara itu Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Hendropriyono berpendapat bahwa penyadapan Jokowi dilakukan oleh lawan politik PDIP. Menurut pria yang akrab disapa Hendro ini, Jokowi merupakan tokoh ternama yang patut diawasi oleh lawan politiknya.

“Menurut saya ini kerjaan lawan politik. Karena kan Jokowi itu sekarang paling atas (di survei Capres 2014),” kata Hendro.

Berbeda dengan dua pendapat di atas, Ruhut Sitompul justru mencurigai PDIP yang sengaja memasang alat sadap tersebut. Kecurigaan politisi partai Demokrat ini mengacu pada sikap para elit PDIP yang enggan melaporkan kejadian tersebut ke polisi.

Baca juga: Ruhut Pertanyakan Sikap Jokowi Tidak Mau Melaporkan Penyadapan Dirinya.

Bagaimana dengan Anda, pihak mana kah yang patut untuk dicurigai?

(YG)

Comment di sini