Cara Menangkal Stres Pada Ibu Hamil

by
February 25th, 2014 at 1:20 pm

CiriCara.com – Kehamilan merupakan hal yang sangat diidamkan oleh banyak wanita. Namun, rasa khawatir dan takut juga sering menghampiri para ibu hamil. Akibatnya, mereka akan merasa tertekan hingga akhirnya menjadi stres.

stres saat hamil

Stres saat hamil – Ist

Stres yang dialami ibu hamil ternyata bisa berdampak buruk pada janin. Stres bisa memicu janin lahir prematur bahkan sampai keguguran. Perkembangan fisik bayi pun akan terganggu, seperti bayi lahir dengan berat badan rendah dan bayi mudah terkena penyakit.

Untuk itu, sangat penting menjaga agar ibu hamil tetap tenang dan tidak stres. Bantuan serta dukungan dari orang terdekat (suami ataupun orangtua) akan membuat ibu jadi lebih siap dalam menghadapi proses kehamilan ini.

Agar tidak terkena stres saat hamil, berikut cara menangkal stres yang bisa Anda coba:

1. Olahraga teratur

Anda dan suami bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi secara rutin. Olahraga ini akan membantu pengaturan hormon endorfin yang bermanfaat untuk mencegah stres saat hamil. Selain itu, hubungan Anda dan suami pun akan lebih harmonis.

2. Bersosialisasi

Kehamilan sering menjadi beban tersendiri buat para ibu yang baru pertama kali hamil. Karenanya bersosialisasi dengan orang lain akan sangat penting. Curhat dengan orang yang sudah berpengalaman akan membuat perasaan Anda jadi lebih tenang.

3. Relaksasi

Melakukan relaksasi dengan cara pergi ke salon atau spa ternyata bisa membuat Anda terhindar dari stres. Relaksasi ini juga akan membuat tubuh Anda jadi merasa lebih rileks dan tidak tegang lagi.

tidur nyaman saat hamil

Tidur nyenyak saat hamil – Radius Images/Corbis

4. Pakaian longgar

Saat hamil, cobalah untuk memakai pakaian longgar agar Anda tetap bisa bergerak bebas meski perut sudah mulai membesar. Pakaian yang longgar juga akan membuat tubuh jadi terasa lebih nyaman dan santai.

5. Konsultasi ke dokter

Jika mengalami masalah atau perasaan tidak enak tentang kehamilan, sebaiknya Anda konsultasi ke dokter saja. Memendam rasa takut hanya akan membuat Anda tertekan dan stres. Jadi lebih baik konsultasikan semua masalah kehamilan ke dokter agar Anda bisa lebih tenang.

Dukungan serta perhatian dari orang terdekat juga akan sangat bermanfaat untuk psikologi ibu hamil. Itulah sebabnya suami juga mempunyai tanggung jawab untuk mengawasi ibu hamil agar tidak terkena stres.

(YG)

Comment di sini