Ciri-ciri Orang yang Terkena Kanker Hati

by
February 25th, 2014 at 3:44 pm

CiriCara.com – Salah satu jenis kanker yang rentan menyerang manusia adalah kanker hati. Kanker hati atau liver cancer adalah kanker yang berasal dari sel hati (disebut kanker hati primer) atau berasal dari organ lain seperti paru-paru, usus besar, payudara yang kemudian menyebar ke hati. Kanker hati yang berasal dari organ lain disebut kanker metastatick (disebut dengan kanker hati sekunder).

kanker hati - Ist

kanker hati – Ist

Tidak begitu jelas apa yang sebenarnya penyebab kanker hati tetapi ada beberapa kasus di kedokteran misalnya infeksi kronis dengan virus hepatitis tertentu itu dapat menyebabkan kanker hati. Awal mulanya ketika sel DNA pada hati mengalami mutasi, mutasi dapat membuat sel itu hidup dan berkembang. Sementara bagi sel-sel lain mempunyai siklus hidup dan mati.

Jenis kanker pada hati memiliki beberapa tipe yaitu  yang pertama Hepatocellular carcinoma (HCC) merupakan kanker hati yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. HCC dimulai dari hepatocytes yang merupakan sel utama hati.

Jenis kanker hati yang kedua Cholangiocarcinoma yang berasal dari saluran kantung empedu.

Jenis yang ketiga jenis kanker hati yang langka yang menyerang anak-anak usia 4 tahun ke bawah disebut Hepatoblastoma, dan Angiosarcoma dan hemangiosarcoma merupakan jenis kanker hati yang dimulai di pembuluh darah di hati dan berkembang dengan cepat.

Apabila orang di sekitar Anda yang mempunyai ciri-ciri seperti ini:

- berat badan turun

- nafsu makan hilang

- sakit pada perut bagian atas

- mual dan muntah

- mudah lelah dan lemah

- pembesaran hati

- bengkak pada daerah perut

- kulit dan bagian putih mata menguning,

maka ini merupakan ciri-ciri orang yang terkena pada tahap awal kanker hati primer.

Untuk pencegahannya Anda dapat lakukan vaksinasi pada virus hepatitis B, pada hepatitis C dapat dicegah dengan cara menggunakan jarum suntik steril saat menyuntikkan obat, pakai jarum steril apabila Anda mau membuat tato, sebelum melakukan hubungan seksual cek terbih dahulu kondisi kesehatan pasangan, dan periksakan kondisi hati Anda kepada dokter. (SA)

Comment di sini