Rhoma Irama Dapat Gelar Profesor Sejak Tahun 90-an

by
February 25th, 2014 at 11:21 am

Jakarta (CiriCara.com) – Warga di sekitar Jalan Tanjung Barat Raya, Jakarta Selatan sempat bingung saat melihat ada spanduk Rhoma Irama dengan gelar profesor. Sebenarnya, sejak kapan raja dangdut itu mendapat gelar profesor?

prof rhoma irama

Rhoma Irama – Ist

Ramdansyah, Ketua Tim Sukses Pencapresan Rhoma Irama mengatakan bahwa gelar profesor itu merupakan gelar honoris causa. Menurutnya, gelar tersebut sudah lama diberikan kepada Rhoma. “Sudah sejak tahun 80-90an,” katanya.

Menurut Ramdansyah, gelar profesor tersebut diberikan kepada Rhoma karena jasanya dalam memperkenalkan musik dangdut. Namun sayang, Ramdansyah mengaku tidak ingat dengan nama universitas yang telah memberikan gelar itu kepada Rhoma.

“Gelar profesornya untuk culture, dianggap menciptakan dangdut,” kata Ramdansyah yang juga merupakan Ketua Panwaslu DKI.

Lebih lanjut, Ramdansyah mengatakan, pemberian gelar profesor tersebut juga tercantum dalam sejumlah buku tentang dangdut. Karenanya, Ramdansyah pun menilai Rhoma boleh-boleh saja menggunakan gelar profesor tersebut di spanduk pencapresannya.

“Seperti waktu (berdiskusi) dengan Pak JK dan Pak Mahfud di DPR, boleh menggunakan honoris causa,” kata Ramdansyah.

Sepeti diberitakan sebelumnya, spanduk “Presiden Kita Bersama Prof. Rhoma Irama” terlihat berdiri di daerah Jakarta Selatan. Dalam spanduk tersebut terlihat foto Rhoma dengan di atasnya terdapat lambang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Spanduk pencapresan Rhoma Irama memang sudah banyak terpasang di sejumlah tempat. Namun, pemberian gelar profesor pada nama Rhoma menjadi kontroversi di masyarakat mengingat raja dangdut itu tidak pernah mendapat gelar profesor secara akademik.

(YG)

Comment di sini