Cara Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis

by
February 26th, 2014 at 4:24 pm

CiriCara.com – Siapa yang tidak tahu ikan. Pasti semua sudah pernah makan ikan. Ikan memiliki bau amis yang khas. Di Indonesia ini banyak jenis-jenis ikan. Ada ikan yang dimasak dan ada juga ikan hias. Biasanya ikan yang sering dimasak itu ikan mujair, ikan kakap, ikan kembung, ikan nila, ikan tongkol dan masih banyak jenis lainnya.

Walaupun ikan memiliki bau yang amis, tapi sangat digemari. Terkadang ikan jadi menu andalan saat kumpul-kumpul dengan teman yaitu bakaran ikan. Agar ikan tidak terlalu mengeluarkan bau, maka harus cepat dimasak atau dibekukan. Maka tak jarang penjual ikan menggunakan es untuk  mencegah ikan mudah busuk akibat terlalu lama terpapar udara. Simak beberapa cara agar ikan tidak mudah bau.

1. Rendam dengan cuka

Cuka Apel

Cuka Apel / Ist

Selain buat penyedap rasa, air cuka juga bisa mengurangi bau amis pada ikan. Rendam ikan kedalam cuka putih kurang lebih 30 menit. Karena cuka juga berfungsi menjaga ikan dari bau amis yang  menyengat saat proses persiapan. Dan juga membantu menghilangkan bau amis dari tangan dan alat makan.

2. Cuci ikan menggunakan sabun dan air

Cuci ikan dengan sabun / Ist.

Cuci ikan dengan sabun / Ist.

Banyak orang menghindari bahan masakan jangan sampai terkena sabun. Tapi untuk membersihkan ikan agar lindung dari anti bakteri harus menggunakan sabun anti bakteri. Karena anti bakteri yang membuat ikan cepat busuk. Jika tidak mempunyai sabun anti bakteri bisa menggunakan sedikit alkohol atau hydrogen peroxide pada sabun biasa untuk meningkatkan kualitas dan manfaat antibakteri.

3. Gunakan jeruk lemon

Gunakan lemon / Ist.

Gunakan lemon / Ist.

Selain menggunakan sabun dan cuka, juga bisa menggunakan jeruk lemon. Rendam ikan kedalam perasan jeruk lemon.Jeruk lemon juga menurunkan kadar asin yang dikandung ikan. Perasan air jeruk lemon juga bisa digunakan untuk memasak ikan agar lebih segar saat dimasak.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau amis pada ikan sebelum Anda memasaknya. (NE)

Comment di sini