Berita Hoax di Twitter Kini Bisa Terdeteksi

by
February 26th, 2014 at 4:38 pm

CiriCara.com – Sering mendengar berita atau kabar hoax bersliweran di Twitter? Tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan karena Twitter sudah menjadi salah satu sumber berita tercepat lewat kicauan-kicauan para penggunanya.

Twitter / Ist.

Twitter / Ist.

Munculnya berita hoax yang kita anggap nyata tentu akan sangat menjengkelkan. Berita hoax seperti ini kerap menyasar para pesohor internasional dan lokal.

Kebanyakan dari mereka dikabarkan telah meninggal dunia atau mengalami kecelakaan. (Baca jugaBerita Arnold Schwarzenegger Meninggal Ternyata Hoax)

Untungnya kini para ilmuwan di Eropa bisa menemukan aplikasi untuk mendeteksi kebohongan kicauan atau tweet penggunanya. Dengan aplikasi ini, maka berita hoax atau palsu bisa ditanggulangi.

Aplikasi pendeteksi tweet palsu ini bernama Pheme. Dilansir dari Mashable oleh Detik.com, nantinya aplikasi ini akan langsung mendeteksi sumber berita yang disebarkan lalau aplikasi itu juga akan menganalisa percakapan terkait kicauan itu.

Selain itu, Pheme bisa mendeteksi aplikasi yang digunakan oleh si pengicau. Nantinya Pheme bisa mendeteksi apakah bahasa ini sensasional atau emosional.

Pheme juga bisa mendeteksi rumor yang beredar di Twitter dan menjadi acuan jika kabar serupa kembali beredar. Aplikasi yang menarik ini masih dikembangkan dan disempurnakan sehingga belum diketahui kapan bisa digunakan. (RN)

Comment di sini