Fakta-fakta Unik Monorel di Berbagai Negara

by
February 27th, 2014 at 3:52 pm

CiriCara.comProyek monorel yang digadang bisa mengurangi kemacetan di Jakarta memang tengah dikerjakan oleh PT Jakarta Monorail. Sempat mengalami hambatan dengan alasan tidak memiliki dana yang cukup kini proyek raksasa tersebut kembali dikerjakan.

Monorel ini telah digagas sejak tahun 2004 ini sempat berhenti pada tahun 2008 lalu dengan berbagai alasan. Namun saat Jokowi telah memimpin Jakarta, proyek ini kembali dikerjakan tepatnya pada tahun 2013 lalu.

Monorel yang beroperasi di Jakarta ini sedianya akan menghubungkan daerah-daerah sibuk di Jakarta sehingga para pekerja tidak lagi memaksakan diri menggunakan kendaraan pribadi yang ujung-ujungnya membuat kemacetan di jalan.

Nah, berbicara soal monorel, tentu Indonesia bukan negara pertama yang menggagas moda transportasi massal ini. Setidaknya ada puluhan negara lain yang lebih dulu membuat monorel menjadi alat transportasi publik. Dan kebanyakan dari negara-negara tersebut telah sukses dengan proyek monorelnya.

Selain berfungsi untuk mengangkut para penumpang, rupanya monorel-monorel yang tersebar di seluruh dunia juga memiliki keunikan sendiri. Apa saja? Marik kita simak sejumlah fakta unik seputar monorel di berbagai negara:

1. Jalur monorel tersibuk di dunia

Monorel di Chongqing / Ist.

Monorel di Chongqing / Ist.

Monorel yang paling sibuk di dunia ternyata ada di Chongqing, China. Tiap harinya monorel yang melewati area ini mampu menampung kurang lebih 500.000 ribu penumpang per harinya.

Comment di sini