Pemprov DKI Jakarta Buat Perjanjian Baru Soal Monorel

by
February 27th, 2014 at 2:04 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Proyek monorel yang digalakkan pemerintah Jakarta untuk mengurangi kemacetan di Ibukota kini mengalami kendala. Akibat kekurangan dana, proyek raksasa yang sempat mangkrak beberapa tahun itu hampir berhenti.

Jokowi dan monorel / Ist.

Jokowi dan monorel / Justisianews.com

Namun proyek yang dikerjakan oleh PT Jakarta Monorail itu kini sudah bisa kembali lagi berjalan. Dilansir dari Tempo.co, menurut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta, proyek itu bisa kembali lagi berjalan karena Jokowi memberi kesempatan kedua.

“Mereka, PT Jakarta Monorail, itu dapat kemurahan hati Pak Jokowi, makanya bisa mengerjakan lagi,” kata Ahok di Balai Kota pada Rabu, 26 Februari 2014.

Menurut Ahok, PT Jakarta Monorail sejauh ini belum menunjukkan itikad sebagai perusahaan yang bonafit.

Kedua belah pihak kini telah menandatangani perjanjian kerja sama yang baru sehingga dengan jaminan ini maka ketika proyek berhenti lagi, maka Pemprov DKI Jakarta bisa mengambil alih proyek dengan garansi bank yang ada.

Perjanjian yang ditangani oleh Pemprov DKI Jakarta dan PT Jakarta Monorail ini menghasilkan tiga poin untuk dinegoisiasikan. Poin pertama berkaitan dengan subsidi dari Pemprov DKI Jakarta jika dalam sehari penumpang monorel  kurang dari 160.000 orang.

Poin kedua mengenai penggunaan aset-aset properti Pemprov DKI Jakarta dan yang ketiga mengenai pemasangan iklan di area monorel.

Seperti yang diketahui proyek monorel di kawasan Ibukota ini sudah dimulai sejak tahun 2004 dengan tiang-tiang penyangga yang sudah berdiri di sepanjang Jalan H.R. Rasuna Said. Proyek ini berhenti pada tahun 2008 dan dimulai lagi pada era Jokowi di tahun 2013 lalu. (RN)

Comment di sini