Cara Kembali Bangkit Setelah Gagal Berbisnis

by
February 28th, 2014 at 11:21 am

CiriCara.com – Kegagalan dalam menjalani bisnis tentu menjadi hal yang paling menakutkan buat para pengusaha. Bahkan, ada yang sampai trauma dan tidak mau lagi membuka bisnis karena takut gagal untuk yang kedua kalinya.

gagal dalam bisnis

Gagal bisnis – Ist

Terkadang kesuksesan seseorang itu baru bisa didapat setelah menemui kegagalan. Karenanya, sangat disayangkan jika Anda kemudian menyerah karena takut menemui kegagalan lagi. Apakah Anda trauma dengan kegagalan saat berbisnis?

Takut gagal saat membuka usaha atau bisnis itu memang wajar. Namun, hendaknya rasa takut itu tidak membuat Anda menyerah. Berikut ada beberapa cara untuk kembali bangkit setelah menemui kegagalan dalam berbisnis.

1. Introspeksi diri

Sebelum memulai bisnis yang baru, ada baiknya Anda mengintrospeksi diri. Lihat kesalahan apa saja yang Anda lakukan di bisnis sebelumnya. Hal ini akan membuat Anda lebih berhati-hati. Jadikan pengalaman itu sebagai batu lonjatan menuju sukses.

2. Lihat peluang

Cari peluang bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang lebih menjanjikan. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus bisa membaca peluang dengan cepat dan tepat. Dengan demikian Anda tidak akan salah dalam memilih jenis bisnis.

3. Percaya diri

Mungkin Anda bukan pengusaha yang terbaik saat ini. Namun, yakin lah bahwa suatu saat nanti Anda akan menjadi nomor satu. Dengan usaha dan kerja keras, pasti apa yang Anda inginkan akan tercapai. Tidak perlu minder dengan saingan yang lebih dulu memulai bisnis dibanding Anda.

cara memulai usaha yang benar

Memulai Usaha – Ist

4. Jangan terlalu banyak rencana

Terlalu banyak merencanakan sesuatu hanya akan membuat Anda jadi merasa takut. Hal ini juga akan membuat kinerja bisnis Anda jadi tidak fokus. Jangan hanya berencana, tapi segera lah memulai dan kerjakan bisnis Anda dengan sungguh-sungguh.

5. Jangan dengarkan orang lain

Ini adalah bisnis Anda, dan hanya Anda yang bisa menentukan. Jadi, jangan dengarkan perkataan orang lain yang ingin menjatuhkan Anda. Jika Anda sudah yakin, maka kerjakanlah tanpa ada rasa ragu.

Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cara instan. Semua butuh proses dan halangan, termasuk kegagalan. Karenanya, Anda jangan menyerah hanya karena pernah gagal. Tapi, jadikan lah kegagalan itu sebagai batu loncatan untuk sukses.

(YG)

Comment di sini