MUI: Golput Termasuk Perbuatan Dosa!

by
February 28th, 2014 at 2:37 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Menjelang pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan pemilihan presiden 2014, Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali mengingatkan agar umat Islam mau menggunakan hak pilihnya. Hal itu diungkapkan oleh Ketua MUI KH Amidhan Shaberah.

ketua mui

Ketua MUI Amidhan pakai jas abu-abu – Republika.co.id

Amidhan mengatakan bahwa MUI sudah mengeluarkan fatwa yang mewajibkan umat Islam untuk mengikuti Pemilu. Bagi yang tidak ikut Pemilu atau Golput (golongan putih), maka dianggap telah melakukan perbuatan dosa.

“Golput termasuk perbuatan dosa karena sudah ada fatwa MUI yang mewajibkan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu. Siapa yang tak mengerjakan perkara wajib berarti berdosa,” kata Amidhan, seperti dikutip dari Republika.co.id, Jumat (28/2/2014).

Baca juga: Biaya Untuk Mendapatkan Sertifikasi Halal dari MUI.

Amidhan menjelaskan bahwa Pemilu merupakan salah satu program untuk memperbaiki nasib bangsa dan juga nasib umat Islam. Karenanya, menurut Amidhan, umat Islam diwajibkan untuk mengikuti Pemilu yang dibuat untuk kebaikan tersebut.

“Bagi umat Islam yang tidak bergerak atau melakukan sesuatu untuk memperjuangkan kepentingan umat Islam, maka itu termasuk perbuatan dosa,” ujar Amidhan.

Fatwa MUI yang mewajibkan umat Islam untuk mengikuti Pemilu itu sejatinya merupakan hasil ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia ketiga di Kabupaten Padang Panjang, Padang, Sumatera Barat. Fatwa wajib Pemilu itu ditetapkan pada tahun 2009 lalu.

Karena tujuan Pemilu itu dibuat untuk tujuan kebaikan, maka MUI menganjurkan agar semua umat Islam mau memberikan hak pilihnya. MUI berharap agar masyarakat Muslim bisa memilih pemimpin yang baik untuk masa depan Indonesia.

Baca juga: Jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Sekadar info, rencananya Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan pemilihan legislatif pada 9 April 2014, mendatang. Sementara untuk pemilihan calon presiden dan wakil presiden akan dilaksanakan pada 9 Juli 2014.

(YG)

Comment di sini