Beredar Isu Gunung Ciremai Dijual Rp 60 Triliun

by
March 3rd, 2014 at 1:23 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Masyarakat tengah dihebohkan dengan isu penjualan Gunung Ciremai (Ceremai) di Kuningan, Jawa Barat. Gunung tertinggi di Jawa Barat ini kabarnya dijual oleh pemerintah kepada perusahaan multinasional asal Amerika Serikat, Chevron, dengan harga Rp 60 triliun.

gunung ciremai jawa barat

Gunung Ciremai – Ist

Isu penjualan Gunung Ciremai itu ramai dibicarakan di media sosial, Twitter, Facebook, dan forum-forum di internet sejak beberapa hari terakhir ini. Tidak hanya itu, isu penjualan Gunung Ciremai juga menyebar luas lewat broadcast BlackBerry Messenger (BBM).

Mereka khawatir eksploitasi Gunung Ciremai akan mencemari lingkungan yang ada di sekitarnya. Dalam broadcast BBM tersebut juga dijelaskan beberapa gas berbahaya yang akan muncul jika Chevron melakukan eksploitasi pada Gunung Ciremai.

Berikut kutipan dari pesan berantai yang beredar ke awak media, seperti dilansir oleh Liputan6.com:

Hanya sekedar ingin memberikan informasi kepada rekan semua, khususnya masyarakat Majalengka. Ciremai, gunung tertinggi di Jabar yang letaknya berada di dua daerah yaitu Majalengka dan juga Kuningan telah dijual oleh pemerintah dengan seharga 60 T kepada Chevron Corporation, perusahaan asal Amerika Serikat ini, bergerak di bidang geothermal (panas bumi). Kuningan, palutungan adalah gerbang utama untuk mengekploitasi gunung terbesar di Jawa Barat tersebut. Sedangkan Majalengka akan terkena dampaknya.

1) keluarnya campuran beberapa gas, diantaranya karbondioksida (Co2), hidrogen sulfida (H2S), metana (CH4) dan amonia (NH3).

2) Pencemar-pencemar tersebut jika dilepas ikut memiliki andil pada pemanasan global, hujan asam, bau yang tidak sedap serta beracun.

3) Pembangunan pembangkit juga merusak stabilitas tanah

4) Pasokan air bersih berkurang

5) Adanya gempa minor, yang mengakibatkan gunung meletus.

Meskipun demikian, hingga saat ini masih belum ada klarifikasi dari pihak pemerintah maupun Chevron mengenai isu penjualan Gunung Ciremai tersebut.

Benarkah Gunung Ciremai dijual ke Chevron dengan harga Rp 60 triliun?

Lihat juga: Video Fenomena Letusan Gunung Kelud.

(YG)

Comment di sini