Cara Membuat Cendol yang Enak

by
March 3rd, 2014 at 4:24 pm

CiriCara.com - Cendol adalah bahan utama untuk membuat minuman es cendolEs cendol seperti yang kita ketahui adalah minuman dingin yang manis terbuat dari tepung beras dan kemudian ditambah dengan parutan es serta santan kelapa dan larutan gula merah. Es cendol sangat cocok diminum saat cuaca panas.

Es Cendol

Es Cendol

Bahan utama dalam membuat cendol ini tepung beras dan tepung kanji. Es cendol ini memiliki khas tersendiri dimana tepung beras yang diolah kemudian diberi pewarna hijau alami, yang biasanya menggunakan sari daun pandan atau bisa juga mrnggunakan daun suji yang diolah.

Setelah diberi pewarna dibentuk serutan-serutan kecil. Tetapi di zaman sekarang ini sudah jarang yang menggunakan pewarna daun pandan atau daun suji. Mereka menggunakan pewarna makan yang sudah teruji aman untuk digunakan.

Bahan untuk membuat cendol:

- Tepung beras 100 gr atau 1 ons
- Tepung kanji kira-kira 2 sendok makan
- Pewarna makanan yang sudah teruji aman
- Air 500 ml

Cara membuat cendol yang enak:

  1. Langkah pertama campurkan tepung beras dengan tepung kanji.
  2. Kemudian masukkan air kira-kira 150 ml lalu beri pewarna secukupnya sambil aduk terus hingga tercampur secara merata.
  3. Sisa air dari yang disiapkan, didihkan diatas api sedang.
  4. Setelah itu masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mengental dan licin.
  5. Siapkan panci yang berisi air biasa atau juga bisa menggunakan air biasa dicampur dengan es batu.
  6. Siapkan cetakan untuk memcetak cendol, bisa memakai panci atau benda yang memiliki lubang-lubang kecil.
  7. Dalam keadaan panas tuang adonan diatas cetakan sementara bagian bawahnya ditampung dengan air yang sudah disiapkan tadi.
  8. Tekan-tekan adonan cendol hingga habis.

Nah itulah cara membuat cendol. Gampang kan? Setelah cendol jadi, Anda bisa memadukannya dengan santan, air gula jawa, dan serutan es sehingga tercipta es cendol yang dingin. Selamat berkreasi. (NE)

Comment di sini