Cara Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

by
March 3rd, 2014 at 10:09 am

CiriCara.com – Saat ini, gaya hidup kembali ke alam atau ramah lingkungan, terutama pada tahun 2000-an, menjadi tren yang banyak di minati penduduk kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan lainnya. Kembali ke alam yang dimaksud yaitu menjalani hidup yang lebih bersih, sehat dan ramah lingkungan.

Tren ini muncul karena semakin besarnya persoalan ekologis seperti hutan yang semakin habis dibabat dan adanya kebakaran hutan, polusi udara yang semakin tebal di kota-kota besar, semakin seringnya banjir, tanah longsor, dan lainnya merupakan contoh-contoh bahwa daya dukung lingkungan kita tinggal semakin berkurang untuk menahan beban pertambahan penduduk kota.

Dari persoalan ekologis tersebut membuat beberapa dari kita pun mulai berpikir, mencari cara bagaimana agar lingkungan kita tinggal tetap layak tinggal, terutama untuk generasi mendatang. Bagaimana untuk menjaga sumber-sumber daya alam, sehingga bisa tetap dikelola dan dimanfaatkan untuk anak cucu kita, sehingga mereka tidak akan kelaparan atau terkena bencana banjir terus-menerus misalnya.

Maka, menjalani hidup yang lebih bersih, sehat, dan ramah lingkungan, merupakan salah satu pilihan yang baik untuk kita saat ini. Caranya gampang saja yaitu dengan memulai dari diri kita sendiri sebetulnya.

Berikut cara menjalani hidup ramah lingkungan yang mudah untuk dilakukan.

1. Buang sampah di tempat penampungan sampah

Buang sampah di tempatnya / Ist.

Buang sampah di tempatnya / Ist.

Apabila daerah kita tidak ada tempat penampungan sampah, maka mintalah pada pengurus RT/RW setempat menyediakan tempat penampungan sampah atau bermusyawarah dengan warga semua untuk menunjuk orang yang mau melakukan pengambilan sampah dan membuangnya ke tempat penampungan sampah terdekat.

Hal lainnya adalah mulailah dengan memilah sampah kita menjadi organik dan non organik. Sampah non organik bisa kita berikan atau jual ke pemulung atau orang yang yang mencari barang bekas.

Comment di sini