Cara Mengelola Gaji Agar Bisa Kaya

by
March 3rd, 2014 at 2:57 pm

CiriCara.com – Kebanyakan orang merasa tidak bisa menjadi kaya karena gaji yang mereka dapat itu kecil. Padahal, bisa kaya atau tidaknya seseorang itu tergantung dari bagaimana dia mengelola keuangannya, bukan dari besar kecilnya gaji yang dia terima.

mengelola keuangan

Mengelola gaji

Pengelolaan gaji yang benar dan tepat akan memudahkan Anda untuk menabung. Dengan menabung maka Anda akan bisa menjadi kaya. Jadi, semakin pandai Anda dalam mengelola keuangan, maka akan semakin besar peluang Anda untuk jadi kaya.

Berapa pun jumlah gaji yang Anda terima, jika tidak bisa mengelolanya dengan baik pasti akan habis juga. Itulah sebabnya Anda harus bisa mengontrol nafsu belanja Anda. Cobalah untuk hidup dengan hemat agar gaji yang diterima bisa ditabung sebagian.

Berikut cara mengelola gaji agar bisa kaya:

1. Buat bisnis

Daripada uang gaji Anda habis digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, lebih baik alokasikan gaji ke bidang bisnis. Misalnya investasi atau membuka usaha sampingan di hari libur. Dengan demikian uang gaji Anda bisa lebih menguntungkan.

2. Lebih produktif

Alokasikan gaji Anda ke sesuatu yang lebih produktif. Misalnya, untuk membeli motor dan motor tersebut disewakan kepada tukang ojek. Dengan demikian Anda akan mendapat uang lebih banyak, yakni gaji dari kantor dan setoran dari tukang ojek tersebut.

3. Jangan utang

Jangan membiasakan diri berutang untuk membeli barang yang harga jualnya selalu mengalami penurunan. Misalnya, kredit alat elektronik atau mobil/motor pribadi. Padahal, kedua barang tersebut akan mengalami penurunan harga jika dijual lagi.

nabung, tips nabung

Menabung – Tempo.co

4. Untuk persiapan

Anda tidak bisa tahu apa yang akan terjadi di masa depan nanti. Untuk itu, sisihkan lah gaji Anda untuk menyiapkan dana masa depan. Karena bisa saja Anda tiba-tiba dipecat dari perusahaan. Itulah gunanya Anda menabung mulai dari sekarang.

5. Untuk investasi

Daripada gaji Anda dibelanjakan untuk membeli baju atau gadget, mending alokasikan gaji Anda ke barang yang bisa dijadikan investasi. Misalnya, membeli/kredit rumah atau membeli emas yang harganya sewaktu-waktu bisa naik.

Itulah beberapa cara mengelola gaji yang perlu Anda coba agar bisa jadi kaya. Semoga informasi di atas bisa membuat Anda sadar bahwa mengelola gaji dengan benar itu sangat penting.

(YG)

Comment di sini