Cara Membuat Basreng Pedas

by
March 4th, 2014 at 4:22 pm

CiriCara.com – Basreng atau bakso goreng adalah sejenis camilan yang terkenal dari kota kembang, Bandung. Penganan ini biasanya hadir dalam wujud seperti keripik. Rasanya pun bervariasi mulai dari gurih, pedas, dan super pedas.

Cara membuat basreng / Brawijaya

Cara membuat basreng / Brawijaya

Banyak sekali produksi rumahan yang mulai memproduksi camilan ini karena basreng sejak pertama kali muncul sudah menjadi tren kuliner sendiri di tengah masyarakat.

Untuk Anda yang ingin repot-repot memesan dan mencari basreng, Anda bisa membuat basreng sendiri di rumah. Tentunya cara untuk membuat basreng kali ini tidaklah terlampau sulit.

Langkah penting yang harus diperhatikan adalah Anda harus menggorengnya dua kali di dua wajan yang berbeda agar basreng tidak keras dan tetap renyah.

Awalnya, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut ini:

1. Bakso ikan atau bakso sapi (sesuai selera)

2. Bumbu penyedap rasa tabur rasa ayam atau sapi

3. Bumbu pelengkap tabur (rasa keju, barbeque, rumput laun, dan lainnya)

4. Cabe bubuk pedas dengan tingkat kepedasan sesuai selera

Cara membuat:

1. Iris bakso ikan atau sapi dengan ketebalan sekitar 1 sampai 2 mm.

2. Panaskan minyak dalam dua wajan sesuai yang dijelaskan di atas. Wajan pertama panasi dengan api sedang, wajan kedua panasi dengan api yang besar.

3. Goreng bakso ikan pada wajan pertama, setelah setengah matang, pindahkan ke wajkan kedua hingga matang dan berwaran kuning kecoklatan.

4. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Jangan lupa taburi dengan bumbu-bumu dan cabe bubuk yang telah Anda siapkan.

Baca jugaCiriCara: Cara Membuat Keripik Singkong Yang Gurih dan Renyah

Mudah bukan, cara membuat basreng? Selain bisa dikonsumsi sendiri, basreng bisa dijadikan lahan bisnis yang baru yang tentu bisa menghasilkan uang tambahan bagi keluarga. (RN)

Comment di sini