Anas Resmi Jadi Tersangka Pencucian Uang

by
March 6th, 2014 at 12:46 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya resmi menetapkan Anas Urbaningrum sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang. KPK pun akan mulai menelusuri harta-harta milik mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu.

anas korupsi

Anas Urbaningrum – Ist

“Penyidik menemukan dua alat bukti yang cukup, serta ditemukan unsur-unsur yang kemudian menetapkan AU (Anas Urbaningrum) sebagai tersangka pencucian uang,” kata juru bicara KPK, Johan Budi, Rabu (5/3/2014), kemarin.

Johan menjelaskan, Anas dijerat dengan pasal 3 dan atau pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan atau Pasal 3 Ayat 1 dan atau Pasal 6 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) juncto Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Ditetapkannya Anas sebagai TPPU itu berawal dari penyidikan KPK terhadap kasus korupsi proyek Hambalang dan juga proyek-proyek lainnya. “Dari tindak pidana korupsi itu, kemudian dikembangkan dan ditemukan bukti-bukti adanya pencucian uang (oleh anas),” jelas Johan.

Baca juga: Bawa Tali Gantungan, Pria Ini Tagih Janji Anas Gantung di Monas.

Menurut Johan, KPK akan mulai menelusuri harta Anas sejak dia menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 2001-2005, lalu. Johan juga menjelaskan bahwa pengusutan harta Anas ini akan dilakukan sesuai dengan Undang-Undang.

“Sejauh mana harta diusut itu sesuai dengan UU yang disangkakan,” kata Johan.

Nantinya, KPK akan langsung melakukan penyitaan terhadap harta benda milik Anas yang diduga merupakan hasil pencucian uang. Harta benda itu meliputi uang tunai, rumah, maupun kendaraan pribadi Anas.

(YG)

Comment di sini