Cara Aman Touring dengan Motor

by
March 6th, 2014 at 2:51 pm

CiriCara.comTouring alias berkendara jarak jauh menjadi salah satu kegiatan yang paling digemari para biker saat ini. Kegiatan touring ini sering dilakukan secara berkelompok, baik kelompok besar (bisa mencapai puluhan orang) maupun kelompok kecil (1-5 orang).

touring dengan motor

Touring dengan sepeda motor – Ist

Sudah banyak club sepeda motor yang melakukan touring keliling Indonesia. Touring ini juga sudah menjadi agenda rutin para biker, mulai dari yang satu bulan sekali dan ada juga yang sampai 1 minggu sekali.

Kegiatan touring ini memang memberikan kesenangan tersendiri buat para biker. Namun, bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu agar aman. Berikut cara aman touring dengan sepeda motor:

1. Periksa kondisi motor

Lakukan pemeriksaan terhadap kondisi sepeda motor yang akan digunakan untuk touring. Mulai dari mesin, rem, lampu, dan juga kondisi ban. Pastikan semua komponen dalam keadaan baik. Jika ada yang rusak, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

2. Servis sepeda motor

Agar performa mesin tetap terjaga, Anda bisa melakukan servis sepeda motor sebelum touring. Periksa kondisi aki dan ganti oli mesin dengan yang baru agar mesin tidak mogok saat dalam perjalanan.

3. Bensin cadangan

Selain memasok makanan, Anda juga harus memasok bensin darurat. Tujuannya agar Anda tidak kehabisan bensin saat di tengah perjalanan. Gunakan juga sepeda motor yang irit bahan bakar agar tidak membuat kantong kempes.

motor harley

Rombongan motor Harley Davidson – Ist

4. Pemilihan jalur dan waktu

Rencanakan jalur mana yang akan ditempuh pada saat touring. Pilih jalur yang bebas dari kemacetan dan pastikan juga jalur yang akan Anda lewati itu terdapat SPBU. Pilih waktu touring pada malam hari, sebab pada saat malam hari lalu lintas cenderung kosong.

5. Harus kompak

Agar tidak terpencar, tentu Anda harus kompak dengan teman touring yang lain. Anda juga harus menguasai kode-kode mendasar dalam membentuk barisan sepeda motor. Dengan demikian, touring bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Selain mempersiapkan kelima hal di atas, Anda juga harus mempersiapkan kondisi fisik tubuh Anda. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat dan bugar. Kondisi tubuh yang tidak sehat bisa berdampak buruk pada perjalanan touring Anda.

(YG)

Comment di sini