Keterampilan Yang Harus Dikuasai Anak Sebelum Masuk TK

by
March 6th, 2014 at 11:02 am

CiriCara.com – Beberapa orangtua mengaku khawatir saat anak mereka akan masuk ke sekolah taman kanak-kanak (TK). Para ibu khawatir jika anaknya nanti tidak bisa bergaul dan malah tertekan karena harus berinteraksi dengan banyak orang.

anak masuk tk

Anak masuk sekolah – Ist

Sebenarnya, kesiapan anak untuk masuk ke TK itu bisa dilihat dari segi usianya.Lihat apakah anak-anak yang umurnya sama dengan si kecil sudah sekolah TK? Jika sudah, itu artinya anak Anda pun sudah siap untuk masuk ke sekolah TK.

Selain dari segi usia, Anda juga harus memperhatikan dari segi keterampilan. Minimal si kecil sudah menguasai tiga keterampilan dasar untuk bekal masuk TK. Berikut tiga keterampilan yang harus dikuasai anak sebelum masuk TK:

1. Duduk tenang

Agar bisa menerima pelajaran dengan baik, anak harus sudah mau disuruh untuk duduk tenang. Jika si kecil tidak bisa duduk tenang, hal ini akan percuma karena pelajaran yang diberikan oleh guru tidak akan bisa mereka terima dengan baik.

Si kecil yang tidak bisa duduk tenang hanya akan membuat guru atau pengajarnya repot. Pelajaran yang disampaikan pun tidak akan masuk ke dalam pikiran anak.

2. Kemampuan mandiri

Saat masuk TK, tentunya anak akan berinteraksi dengan banyak orang baru. Untuk bisa berbaur dengan teman barunya itu, si kecil tentu harus sudah mandiri. Jangan sampai Anda dibuat repot karena terus-terusan menemani si kecil saat berada di dalam kelas.

biaya pendidikan anak

Pendidikan anak – Ist

Baca juga: Cara Mendidik Mental Anak Sejak Dini.

Kemampuan mandiri ini akan membuat si kecil jadi lebih mudah dalam mendapatkan teman. Anak yang mempunyai kemampuan mandiri juga akan lebih cepat dalam menerima pelajaran.

3. Kemampuan berbagi

Agar bisa mendapatkan teman, tentunya si kecil harus sudah mempunyai kemampuan untuk berbagi. Hal ini mencegah agar si kecil tidak terlibat pertengkaran dengan temannya. Jika si kecil sudah bertengkar, ini bisa menjadi pemicu dia jadi malas untuk pergi ke sekolah.

Jika dirasa usia si kecil sudah cukup untuk masuk TK, maka jangan lah Anda menundanya. Pendidikan usia dini ini juga penting untuk membentuk karakter anak. Anda hanya perlu memberikan dukungan serta bimbingan saat anak berada di rumah.

(YG)

Comment di sini