Kisah Inspiratif Tentang Pentingnya Sebuah Kejujuran

by
March 6th, 2014 at 2:26 pm

CiriCara.com – Bagi sebagian besar orang, kejujuran adalah salah satu hal yang paling sulit didapat terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Banyak orang-orang yang berbohong demi kepentingan pribadinya masing-masing.

Ping dan tanamannya / Ist.

Ping dan tanamannya / Ist.

Kebanyakan dari orang-orang tersebut tidak mau jujur karena mereka terlanjur percaya bahwa kejujuran akan membawa mereka kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Faktanya, justru kejujuran akan membuahkan sesuatu yang baik dalam hidup kita.

Kisah berikut ini  mungkin akan membuka mata hati kita semua tentang betapa pentingnya arti sebuah kejujuran dalam segala tindakan dan perkataan kita.

Alkisah, ada seorang pemuda di Tiongkok bernama Ping. Suatu hari ia mendengar sayembara yang diadakan oleh Raja negeri tersebut yang sudah beranjak tua. Rupanya sang Raja sedang mengadakan sayembara untuk mencari pengganti dirinya dalam memimpin negara tersebut.

Sang Raja membagikan biji-bijian kepada para pemuda di seluruh negerinya. Ia bertitah bahwa siapa saja yang bisa menumbuhkannya menjadi tanaman yang indah dan subur pada waktu yang telah ditetapkan akan menjadi Raja.

Ping adalah salah seorang pemuda yang juga mendapat salah satu biji tersebut. Saat menerima biji tersebut, Ping langsung menaruhnya di sebuah pot yang sangat indah dengan tanah yang subur. Ia rutin sekali menyiram dan memberinya pupuk.

Namun setelah menunggu beberapa hari, ia tidak melihat apapun tumbuh dari dalam pot miliknya.

Ping lalu memindahkan potnya ke tempat lain yang cukup disinari matahari dengan harapan agar tanamannya cepat tumbuh. Sembari menyiram dan memupukinya, Ping terus menunggu. Namun tanamannya tidak juga tumbuh.

Ping lalu bertanya pada ayahnya tentang apa yang bisa ia lakukan agar tanamannya bertumbuh. Ayah Ping lalu menyarankannya untuk memindahkannya ke pot yang lain sambil terus merawatnya.

Tetapi lagi-lagi, tanamannya tidak juga tumbuh.

Ping lalu menjadi kecewa dan putus asa apalagi ketika waktu yang ditetapkan oleh sang Raja mulai dekat. Pemuda itu tidak bisa lagi berbuat apa-apa saat hari yang telah ditetapkan tiba.

Bersama dengan pemuda lainnya, ia datang ke hadapan sang Raja membawa tanaman mereka. Ping sangat sedih dan minder karena potnya sama sekali tidak menghasilkan tanaman sementara para pemuda lainnya memiliki tanaman yang indah dan subur dalam pot mereka. Bahkan saking mindernya, Ping hanya bisa tertunduk malu di barisan belakang.

Kemudian sang Raja mulai melihat seluruh tanaman yang dibawa oleh para pemuda dan ia sama sekali tidak terlihat puas dan bahagia. Namun pandangannya tiba-tiba tertuju pada pot Ping.

Raja menyuruh Ping untuk berdiri dan mengumumkan bahwa Ping akan menjadi raja selanjutnya. Raja memuji Ping karena ia adalah pemuda yang jujur tidak seperti pemuda-pemuda yang lain.

Saat itulah sang Raja mulai mengatakan bahwa biji-bijian yang pernah disebarnya sudah pernah direbus dan mustahil untuk tumbuh menjadi sebuah tanaman.

Nah, dari kisah ini, jelas bahwa kejujuran yang awalnya terasa pahit dan menyakitkan sangat menolong dalam hidup kita. Jadi jangan suka berbohong dan curang ya! Tetaplah jujur karena orang jujur selalu mujur.

Baca jugaKisah Inspiratif Tentang Ayah, Anak, dan Burung Gagak

(RN)

Comment di sini