Penyebab Gagal di Wawancara Kerja

by
March 6th, 2014 at 4:48 pm

CiriCara.comInterview atau wawancara merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh para pelamar kerja. Jika gagal dalam wawancara, maka pelamar kerja tersebut pun sudah dipastikan tidak akan masuk ke tes kerja berikutnya.

ilustrasi interview kerja

Wawancara Kerja – Ist

Gagal dalam tes wawancana kerja mungkin sudah sering dialami oleh para pencari kerja. Namun, tak sedikit yang merasa penasaran kenapa mereka bisa gagal. Padahal, mereka merasa telah menjawab pertanyaan dengan benar.

Anda yang pernah gagal dalam tes wawancara tentu akan merasa penasaran. Sebenarnya apa sih yang membuat Anda tidak lolos dalam tes wawancara. Berikut ada beberapa penyebab yang membuat Anda dinyatakan gagal saat wawancara kerja:

1. Tidak tahu soal perusahaan

Perusahaan biasanya tidak akan menerima pelamar kerja yang tidak mengetahui informasi tentang perusahaan yang dilamar. Itulah sebabnya perusahaan sering menanyakan alasan Anda melamar di perusahaan tersebut. Jika jawaban Anda ngarang, maka pasti ditolak.

2. Terlalu gugup atau grogi

Penyebab gagal saat tes wawancara adalah Anda terlalu gugup atau grogi. Hal ini bisa dilihat dari cara Anda menjawab semua pertanyaan saat wawancara. Perusahaan umumnya akan mencari pegawai yang tegas dan bisa berinteraksi dengan baik.

Baca juga: Cara Mengusir Nervous Saat Wawancara Kerja.

3. Penampilan kurang menarik

Pewawancara biasanya akan mulai menilai pelamar kerja dari segi penampilannya. Jika dari segi penampilan saja sudah tidak bagus, maka akan sulit untuk lolos ke tes berikutnya. Itulah sebabnya sangat perlu menjaga penampilan saat wawancara kerja.

CiriCara: Cara Menjawab Wawancara Kerja4. Terlalu lama saat menjawab

Orang yang terlalu lama saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara biasanya akan gagal. Hal ini karena tidak ada perusahaan yang mau merekrut pegawai yang pola pikirnya lambat. Tapi, Anda juga tidak boleh asal jawab.

5. Tidak ada kecocokan

Gagal saat tes wawancara kerja itu bisa jadi karena tidak ada kecocokan. Mungkin, Anda dinilai tidak akan cocok bekerja di perusahaan tersebut. Ingat! Setiap perusahaan itu mempunyai kriteria tersendiri untuk merekrut pegawainya.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat Anda gagal dalam tes wawancara kerja. Semoga informasi di atas bisa menjadi bahan introspeksi diri, agar bisa dilolos di tes wawancara kerja berikutnya.

(YG)

Comment di sini