Cara Jitu Meraih Cita-cita dalam Hidup

by
March 7th, 2014 at 2:22 pm

CiriCara.com – Setiap orang tentu mempunyai cita-cita yang sudah diimpikan sejak masih kecil. Namun sayang, tidak semua orang bisa menggapainya. Cita-cita yang sudah dimiliki sejak kecil hanya menjadi impian belaka.

menggapai cita-cita

Ilustrasi meraih cita-cita – Ist

Mempertahankan semangat untuk dapat meraih cita-cita itu memang tidak mudah. Halangan serta cobaan pasti akan muncul. Mulai dari masalah ekonomi dan bahkan masalah keluarga yang tidak setuju dengan cita-cita Anda.

Namun, Anda tidak perlu khawatir dan lalu patah semangat. Karena sebenarnya akan selalu ada jalan bagi orang yang mau berusaha keras untuk bisa menggapai cita-citanya. Yang perlu Anda lakukan adalah percaya dan berjuang.

Berikut cara jitu meraih cita-cita dalam hidup:

1. Jangan menunda-nunda

Setiap kali ada kesempatan, Anda harus memanfaatkannya sesegera mungkin. Karena tidak semua orang bisa mendapat kesempatan kedua. Hentikan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dan mulailah merancang rencana mulai dari sekarang.

2. Harus percaya diri

Jangan pernah merasa malu dengan kemampuan Anda. Percayalah pada kemampuan diri Anda sendiri. Saat ini mungkin Anda belum bisa berbuat apa-apa, tapi apabila Anda mau belajar dan bekerja keras, pasti Anda pun akan menjadi seorang yang ahli.

3. Bisa menerima kritik

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Karenanya, Anda jangan langsung marah jika mendapat kritik dari orang lain. Gunakan kritik tersebut sebagai bahan motivasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

memilih bakat

Mengembangkan bakat – Ist

4. Harus selalu fokus

Fokuskan diri Anda pada kegiatan yang sesuai dengan cita-cita. Misalnya, bagi yang bercita-cita menjadi dokter, bisa ikut membantu di Puskesmas. Kegiatan semacam ini nantinya akan memudahkan Anda dalam meraih cita-cita tersebut.

5. Bersabar dan tetap tekun

Jalan menuju kesuksesan tidak bisa diraih dengan cara instan. Butuh perjuangan serta tekad yang kuat untuk meraihnya. Untuk itu, Anda harus bersabar dan tetap tekun dalam mencoba hal yang berkaitan dengan cita-cita yang dimpikan.

Selain kelima cara di atas, sebaiknya Anda juga berdoa kepada Tuhan. Karena sekeras apa pun manusia berusaha, Tuhan lah yang akan menentukan. Semoga sukses!

(YG)

Comment di sini