Perbedaan SPF dan UV Protection Pada Losion

by
March 7th, 2014 at 4:29 pm

CiriCara.com - Bagi Anda yang suka memakai lotion tetapi tidak mengetahui apa arti dari SPF dan UV, dapat menyimak perbedaannya berikut ini. Sun protection factor atau SPF adalah pengukuran seberapa baiknya tabir surya akan melindungi kulit dari sinar matahari, jenis radiasi yang menyebabkan kulit terbakar dan dianggap sebagai pemicu kanker kulit.

pakai lotion - Ist

pakai lotion – Ist

Misalnya saja ketika Anda berada di bawah matahari selama 10 menit biasanya kulit akan terbakar, tetapi apabila Anda menggunakan tabir surya SPF 15 akan membantu Anda untuk tidak terbakar bila berada di bawah sinar matahari selama kurang lebih 150 menit.

Dilansir dari blog Rani Wi, menggunakan tabir surya dengan rating SPF minimum 15, menurut dermatologists baik untuk perlindungan kulit. Gunakanlah tabir surya secara merata pada kulit dan sesering mungkin sepanjang hari untuk semua jenis kulit.

Perlu diketahui bahwa perlindungan SPF tidak meningkat secara proporsional dengan meningkatnya jumlah SPF. Tabir surya SPF 15 menghadang sekitar 93% dari sinar UVB, SPF 30 menghadang sekitar 97% dari sinar UVB dan SPF 50 menghadang sekitar 98% dari sinar UVB.

Jadi sebenarnya SPF 30 tidak memberikan perlindungan dua kali dari SPF 15. Efektifnya tabir surya berkurang seiringnya waktu sehingga perbedaan selang beberapa jam antara SPF 15 dan SPF 30 hanya sedikit. Dikarenakan efektivitas tabir surya lebih berkaitan dengan seberapa banyak dioleskan pada kulit, seberapa sering dipakai, dan apakah si pengguna berkeringat banyak atau banyak bersentuhan dengan air.

Sedangkan untuk SPF 50 hanya 1% lebih efektif daripada SPF 30. Menurut suatu badan di Amerika yang mengatur obat-obatan seperti tabir surya yaitu FDA tidak mengijinkan tabir surya dilabeli dengan SPF yang lebih tinggi dari SPF 30, karena mereka tahu semakin tinggi SPF tabir surya tidak akan memberikan perlindungan yang lebih besar juga dan produk seperti itu akan merugikan pembeli.

Bila Anda yang mempunyai kulit putih disarankan untuk memakai SPF yang lebih tinggi untuk memberikan perlindungan tambahan. Ikutilah petunjuk penggunaan yang tertera pada botol tabir surya sebelum menggunakannya.

Sinar ultraviolet matahari atau UV terbagi menjadi tiga gelombang yang panjang di antaranya, sinar UVA yaitu sinar yang dapat menembus kulit sampai lapisan dermis dimana kolagen dan struktur kulit terletak. Hal ini dapat menyebabkan kulit mengendor, kerusakan actinick (kasar, keriput, berbagai pigmentasi kulit), dan dapat memicu kanker kulit termasuk melanoma. Y

ang kedua adalah sinar UVB yaitu sekitar 90% sinar UVB diserap oleh bagian epidermis dan tidak ada sinar UVB yang dapat menembus lebih dalam daripada lapisan teratas dermis. Sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan dianggap sebagai penyebab utama karsinoma sel basal dan skuamosa, dan faktor munculnya melanoma.

Dan terakhir sinar UVC merupakan gelombang terpendek dari sinar matahari dan biasanya diserap oleh lapisan ozon. Pilot dan Astronot biasanya lebih sering terkena sinar ini. (SA)

Comment di sini