Cara Agar Hemat Saat Belanja Online

by
March 10th, 2014 at 3:31 pm

CiriCara.com – Saat ini tren belanja online sudah mulai banyak digunakan para konsumen di Indonesia. Belanja online ini dianggap lebih praktis dan juga lebih mudah karena tidak perlu pergi ke toko si penjual. Apakah Anda juga termasuk orang yang suka belanja online?

belanja online

Belanja online – Ist

Kemudahan yang ditawarkan dalam belanja online ini memang sangat bermanfaat buat Anda yang tidak punya waktu banyak untuk keluar rumah. Tanpa harus pergi langsung ke toko, barang yang dipesan akan langsung dikirim ke rumah.

Itu lah sebabnya banyak orang yang mulai bergantung pada belanja online. Namun sayangnya, kemudahan yang ditawarkan itu justru bisa membuat Anda jadi lebih boros. Tanpa disadari sudah begitu banyak barang yang Anda pesan.

Berikut cara agar hemat saat belanja online:

1. Fokus pada barang yang ingin dibeli

Sejumlah toko online biasanya menyediakan beraneka barang yang mungkin akan menggoda Anda. Karenanya, fokuskan pencarian pada barang yang ingin Anda beli. Hindari melihat-lihat barang lain yang dijual di toko online tersebut.

2. Tentukan budget

Beragam produk menarik yang ditawarkan dengan harga lebih “miring” bisa saja membuat Anda tergoda. Untuk itu, sebelum berbelanja secara online, sebaiknya Anda tentukan dulu batas uang yang boleh digunakan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak “kebablasan.”

3. Perbandingan harga

Saat belanja online, sebaiknya Anda mengunjungi beberapa toko online. Bandingkan harga di masing-masing toko online dan pilih yang paling murah namun kualitas barangnya sama. Dengan demikian, uang belanja Anda bisa lebih hemat.

Inilah Keuntungan Belanja Online4. Libatkan orang lain

Agar tidak “kebablasan” saat belanja online, tidak ada salahnya jika Anda melibatkan teman, pacar, atau anggota keluarga. Minta pendapat mereka mengenai harga dan barang yang akan Anda beli. Selain bisa belanja hemat, aktivitas belanja online bersama teman juga akan terasa lebih menyenangkan.

5. Harus bisa mengendalikan

Seperti diketahui, barang di toko online itu sangat banyak dan tentunya sangat menggoda. Karenanya, Anda harus bisa mengendalikan diri. Beli lah barang yang memang benar-benar dibutuhkan.

Selain lima cara di atas, Anda juga harus bisa memastikan bahwa toko online yang Anda kunjungi itu jujur dan tidak menipu. Pasalnya, saat ini sudah banyak toko online palsu yang menipu pengunjungnya dengan cara menawarkan harga lebih murah.

(YG)

Comment di sini