Cara Mengatasi Rasa Khawatir yang Berlebihan

by
March 10th, 2014 at 8:57 am

CiriCara.com - Perempuan memiliki tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi dari pada pria. Terkadang dalam hal kecil saja perempuan bisa menimbulkan kekhawatiran yang lebih.

Contohnya saat terlambat datang ke kantor atau rapat penting atau khawatir terhadap keadaan anak-anaknya di rumah tak diawasi dengan baik oleh pengasuhnya. Apalagi anaknya belum pulang dari sekolah atau keamanan anak di sekolah.

Mempunyai perasaan khawatir itu wajar. Tapi kalau perasaan khawatir itu berlebihan bisa memengaruhi mental dan fisik, bisa juga memicu stres dan berisiko terhadap kesehatan tubuh. Perasaan khawatir yang berlebihan bisa menyebakan tubuh mudah terkena sejumlah penyakit seperti serangan jantung atau asma. Masalah lain yang bisa muncul akibat khawatir berlebihan di antaranya sulit konsentrasi, gangguan tidur, dan tidak bisa menikmati hidup tenang dalam sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk mengatasi perasaan khawatir, Anda bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini:

1. Mengenali penyebab khawatir

Khawatir / Ist.

Khawatir / Ist.

Cara ini adalah bentuk observasi diri dan membantu menghilangkan intensitas kecemasan. Ambilah kertas dan pulpen, kemudian tulislah apa saja hal-hal yang menimbulkan khawatir itu muncul. Dengan menuliskannya, Anda akan merasa lebih memahami kekhawatiran diri. Dengan melakukan observasi diri, juga bisa membuat Anda merasa, apa yang ada dipikiran sehingga tak seharunya Anda mengkhawatirkan secara berlebihan.

Comment di sini