Cara Menurunkan Risiko Kanker Payudara

by
March 10th, 2014 at 1:09 pm

CiriCara.com – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti banyak kaum wanita. Gejala kanker payudara yang mirip dengan penyakit biasa sering membuat para penderitanya tidak sadar telah terkena kanker.

kanker payudara

Ilustrasi kanker payudara – Ist

Meskipun demikian, sebenarnya penyakit kanker payudara ini masih bisa dicegah. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter ahli secara rutin agar penyakit kanker payudara bisa dideteksi secara dini.

Menurut Dr Martha, ada beberapa wanita yang lebih berisiko terkena kanker payudara. Yakni, wanita yang menstruasi pertama kali terjadi di bawah umur 12 tahun, melahirkan anak pertama kali di atas usia 30 tahun, tidak menikah, mendapat pengobatan hormonal, termasuk KB hormonal pil, susuk, atau suntik.

Berikut cara menurunkan risiko kanker payudara:

1. Olahraga teratur

Sudah banyak yang tahu bahwa olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa membuat tubuh jadi terasa lebih sehat dan bugar, ternyata olahraga secara teratur juga bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mental.

2. Tidur yang cukup

Setelah lelah beraktivitas tubuh tentunya membutuhkan waktu untuk beristirahat, yakni dengan cara tidur. Selain untuk mengistirahatkan tubuh, tidur yang cukup juga bisa menurunkan risiko kanker. Menurut penelitian, wanita yang tidur kurang dari enam jam per malam sangat berisiko terkena kanker payudara.

Risiko kanker payudara itu semakin besar pada wanita yang sering lembur atau sering begadang sehingga tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Selain menurunkan risiko kanker, tidur yang cukup juga akan membuat wajah terlihat lebih segar dan cantik.

penyakit kanker

Kanker – Ist

3. Makanan sehat

Perhatikan keseluruhan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Sebaiknya perbanyak makan buah, sayur, dan kurangi konsumsi daging merah. Selain untuk menurunkan risiko kanker, makanan sehat ini juga bermanfaat untuk program diet Anda.

Memakan makanan yang tidak sehat bisa memicu penyakit kanker payudara. Karenanya, konsumsilah buah yang mengandung antioksidan untuk melawan kanker, seperti buah blueberry dan kale.

Semoga dengan cara-cara di atas Anda akan terbebas dari risiko penyakit kanker payudara. Jika menemui gejala atau ciri-ciri penyakit payudara, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis.

(YG)

Comment di sini