Cara Agar Bersemangat Saat Kerja Lembur

by
March 11th, 2014 at 1:50 pm

CiriCara.com – Sebagai pekerja tentunya Anda harus mengikuti semua perintah atasan, termasuk kerja lembur. Meskipun sudah biasanya, ternyata masih ada saja pekerja yang mengeluh saat diminta untuk kerja lembur.

bekerja lembur

Kerja lembur – Ist

Dengan kerja lembur itu artinya Anda juga harus siap meluangkan waktu lebih di tempat kerja. Selain itu, kerja lembur juga berpotensi membuat pikiran jadi overload. Akibatnya, semangat untuk bekerja pun menjadi berkurang.

Gangguan kesehatan seperti depresi atau tekanan mental pun juga sering menghantui mereka yang sering bekerja lembur. Apalagi jika pekerjaan itu dikejar deadline. Namun karena tuntutan pekerjaan, Anda pun mau tidak mau harus melakukannya.

Berikut cara agar bersemangat saat kerja lembur:

1. Mendengarkan musik

Musik ternyata bisa mempengaruhi mood seseorang. Karenanya, tidak ada salahnya jika Anda mendengarkan musik kesukaan saat sedang kerja lembur. Pilih musik yang bisa membuat Anda merasa tenang dan bersemangat. Jangan sekali-kali mendengarkan musik sedih atau pun melankolis.

2. Persediaan makanan

Kondisi perut yang lapar juga bisa mempengaruhi semangat kerja Anda. Untuk itu sebelum kerja lembur, tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan makanan terlebih dahulu. Siapa tahu di tengah kerja nanti Anda merasa lapar. Namun jangan terlalu banyak makan, hal ini justru akan membuat Anda jadi ngantuk.

3. Pikirkan hal yang menyenangkan

Terus-terusan berpikir negatif tentang kerja lembur hanya akan membuat semangat kerja Anda menurun. Coba alihkan pikiran Anda ke hal-hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan saat lembur. Misalnya, Anda bisa menyemangati diri karena saat lembur nanti Anda bisa lebih lama bertemu dengan rekan kerja yang cakep.

bingung menentukan pekerjaan

Meikirkan uang lembur – Ist

4. Istirahat sebentar

Bekerja lembur boleh saja, namun Anda juga harus tetap meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Kondisi tubuh yang lelah hanya akan menurunkan semangat kerja, untuk itu tidak ada salahnya jika Anda beristirahat sebentar di sela-sela kerja lembur.

5. Pikirkan soal uang lembur

Terus mengeluh karena harus kerja lembur hanya akan membuat semangat kerja Anda menurun. Daripada terus mengeluh, lebih baik Anda pikirkan saja berapa banyak uang lembur yang akan didapat nantinya. Ini bisa memotivasi Anda agar lebih bersemangat.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa bersemangat saat kerja lembur. Meskipun berat, asalkan dijalankan dengan serius dan bersungguh-sungguh, pasti kerja lembur akan terasa menyenangkan.

(YG)

Comment di sini