Foto: Gunung Slamet Sempat Keluarkan Asap Tebal

by
March 11th, 2014 at 4:41 pm

Purwokerto (CiriCara.com) – Status Gunung Slamet di Jawa Tengah telah dinaikkan menjadi Waspada (level II), sejak Senin (10/3/2014) sekitar pukul 21.00 WIB, kemarin. Menurut laporan para pendaki, Gunung Slamet pun sempat mengeluarkan asap tebal.

foto gunung slamet

Foto kepulan asap tebal di puncak Gunung Slamet – Ist/detik.com

Himawan L Nugraha, salah satu pendaki asal Purwokerto mengatakan bahwa dirinya sempat mendengar suara gemuruh saat berada di puncak Gunung Slamet, Senin (10/3/2014), sekitar pukul 10.00 WIB kemarin.

Suara gemuruh itu sempat terjadi sebanyak dua kali. Pertama, suara gemuruh pukul 10.00 WIB terdengar dan diikuti asap kecil yang mengepul. Tak berapa lama, suara gemuruh kembali terdengar lagi disertai kepulan asap tebal yang membumbung tinggi.

“Waktu (gemuruh pertama) itu, kita masih biasa saja. Dentuman kedua terdengar lebih kencang, kita langsung lari,” kata Himawan, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (11/3/2014).

Setelah melihat asap tebal keluar dari Gunung Slamet, Himawan beserta 8 rekannya pun langsung memutuskan untuk turun dari puncak gunung. Mereka akhirnya sampai di pos pendakian Bambangan pada Senin sore harinya.

Dan pada Senin malamnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Slamet jadi waspada. Aktivitas pendakian Gunung Slamet pun saat ini sudah dihentikan sementara.

“Alhamdulillah kami selamat,” kata Himawan.

Gunung Slamet sendiri terletak di perbatasan Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Sejak ditetapkan menjadi waspada, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di radius 2 km dari kawah Gunung Slamet.

(YG)

Comment di sini