Status Gunung Slamet Naik Jadi Waspada

by
March 11th, 2014 at 10:09 am

CiriCara.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Slamet di Jawa Tengah dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II). Hal ini sudah terhitung sejak 10 Maret 2014 pukul 21.00 WIB, kemarin.

gunung slamet waspada

Foto saat Gunung Slamet status Siaga pada 2006 – Ist

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Surono mengatakan bahwa aktivitas gempa di Gunung Slamet mulai meningkat. Gunung Slamet sendiri berada di radius 5 Kabupaten yaitu, Kabupaten Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga di Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan peningkatan kegempaan di G. Slamet (meliputi 5 Kabupetan) Provinsi Jawa Tengah maka sejak tanggal 10 Maret 2014, pukul 21.00 WIB status aktivitas Gunung Slamet dinaikkan dari Normal (level I) menjadi Waspada (level II),” kata Surono melalui pesan BBM.

Karenanya, Surono pun mengimbau agar warga tidak melakukan aktivitas di radius 2 km dari kawah Gunung Slamet.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dindbudparpora) Purbalingga, Prayitno pun mengaku sudah mendapat imbauan tersebut. Menurutnya, aktivitas pendakian di Gunung Slamet saat ini sudah ditutup.

“Atas saran petugas pengamatan Gunung Slamet, pendakian ke puncak Gunung Slamet untuk sementara sudah ditutup,” kata Prayitno, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (11/3/2014).

Lihat juga: Video Fenomena Letusan Gunung Kelud.

Menurut Prayitno, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengenai status Gunung Slamet yang naik dari normal ke waspada. Saat ini semua pendaki sudah dilarang untuk mendekati puncak Gunung Slamet.

Meskipun demikian, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengimbau agar warga sekitar Gunung Slamet tetap tenang dan tidak panik. Saat ini warga hanya dilarang untuk melakukan aktivitas di radius 2 km dari kawah Gunung Slamet.

(YG)

Comment di sini