Cara Mencegah Penyakit Mata Katarak

by
March 12th, 2014 at 1:59 pm

CiriCara.com - Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang perlu diwaspadai. Umumnya, penyakit yang mengakibatkan gangguan pada penglihatan ini diderita oleh mereka yang telah lanjut usia atau para orang tua.

kesehatan mata

Ilustrasi mata katarak – Ist

Penyakit katarak ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor keturunan, peradangan mata, diabetes, paparan langsung sinar ultraviolet, dan obat-obatan tertentu terutama yang mengandung kortikosteroid.

Gejala dari penyakit katarak ini bisa mengakibatkan si penderita mengalami penglihatan ganda, buram atau berkabut, kesulitan melihat pada malam hari, sensitif terhadap cahaya terang, hingga lensa mata berubah jadi keputihan seperti susu.

Berikut cara mencegah penyakit mata katarak:

1. Konsumsi buah dan sayur

Untuk menjaga agar mata tetap sehat, tentunya Anda harus memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Perbanyak makan buah dan sayur yang mengandung Vitamin A, C, dan E. Seperti buah berwarna terang, kacang-kacangan, dan beras merah.

2. Hindari rokok dan alkohol

Selain bisa menyebabkan kanker, merokok juga bisa merusak kesehatan mata secara perlahan. Agar mata Anda tetap sehat hingga tua, sebaiknya hindari juga minuman beralkohol karena tidka baik untuk mata.

3. Menjaga pola makan

Pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Agar mata tetap sehat, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung lemak dan garam. Lebih baik konsumsi makanan yang sehat dan alami.

maslah mata minus

Mata minus – Ist

4. Pakai kacamata

Jika akan keluar rumah, sebaiknya gunakan kacamata hitam untuk menghalau sinar ultraviolet yang berasal dari radiasi matahari. Saat ini sudah banyak yang menjual kacamata untuk menghalau sinar matahari (sunglass).

5. Istirahat yang cukup

Tanpa Anda sadari mata juga bisa mengalami kelelahan jika digunakan secara terus menerus. Apalagi bagi Anda yang bekerja di depan komputer. Istirahatlah 10 menit setiap jam, alihkan padangan dari monitor setiap 15 menit. Hindari kebiasaan begadang.

Jika mengalami gangguan penglihatan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan sampai penglihatan Anda mengalami masalah yang lebih serius. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini