Cara Tepat Menghadapi Bencana Tsunami

by
March 12th, 2014 at 4:15 pm

CiriCara.com – Pada tanggal 26 Desember 2004 Indonesia mengalami bencana Tsunami, tepatnya di kota Banda Aceh. Bencana Tsunami menelan korban cukup banyak dan memporak-porandakan rumah penduduk. Banyak korban yang kehilangan anggota keluarganya.

Sementara kemarin, 11 Maret 2014, Jepang memperingati tsunami besar yang memporakporandakan negara tersebut tiga tahun yang lalu.

Tsunami adalah kata berbahasa Jepang yang berarti gelombang ombak lautan (tsu artinya lautan, nami berarti gelombang ombak). Pengertian dari Tsunami adalah serangkaian gelombang ombak raksasa yang timbul karena adanya pergeseran di dasar laut akibat gempa bumi

Tsunami sangat identik dengan gempa bumi yang terjadi di dasar laut, bukan di daratan. Gelombang ombak yang ditimbulkan oleh gempa didasar laut memiliki kecepatan 600 mil per jam (hampir 1.000 km per jam) atau sama dengan kecepatan rata-rata pesawat udara.

Gelombang ombak laut bisa mencapai ketinggian 6 sampai 14 meter untuk ukuran rata-rata. Gelombang tsunami bisa menghantam daratan selama 5 sampai 30 menit.Ketika gelombang ombak yang besar datang, kita nyaris tidak sempat melarikan diri. Karena ombak tersebut besar dan cepatnya, gelombang ombak ini dapat melintasi lautan luas,

Jika Anda sedang berada di pantai dan tiba-tiba ombak tsunami datang, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi musibah yang datang secara tiba-tiba ini:

Comment di sini