Ciri-ciri Alergi Susu Sapi pada Bayi

by
March 12th, 2014 at 2:18 pm

CiriCara.com - Susu adalah minuman  yang menyehatkan untuk semua kalangan dari bayi hingga lansia. Apalagi bagi perkembangan buah hati Anda.

Bayi mempunyai sistem imum yang masih imatur dan rentan terhadap serangan penyakit. Sering sekali terjadi si bayi mengalami alergi terhadap susu sapi karena tak semua susu baik untuk bayi. Alergi susu biasanya terjadi saat sistem imun bayi menyadari bahwa kandungan protein pada susu sapi sebagai zat yang berbahaya. 

Dilansir dari Ayahbunda.co.id, sistem kekebalan dalam tubuh bayi akan melawan protein yang terdapat di dalam susu sapi sehingga gejala-gejala reaksi alergi pun akan muncul.

Penelitian di beberapa negara menyatakan alergi susu sapi dialami 2% bayi di tahun pertama kehidupannya. Sekitar 1-7% bayi menderita alergi terhadap protein yang terdapat dalam susu sapi.

Sebagai seorang ibu harus mempelajari cara mengenali gejala karena susu sapi pada anak. Karena gejala alergi susu sapi ini hampir mirip dengan gelaja alergi makanan lainnya. Kebanyakan alergi tersebut akan menyerang kulit, saluran pernapasan dan sistem pencernaan bayi. 

Kulit bayi muncul bintik-bintik merah dan terasa gatal yang merupakan reaaksi akut atau jangka pendek, sedangkan muncul penyakit asma, dermatitis (eksim kulit), serta gangguan saluran pencernaan merupakan reaksi kronis atau jangka panjang. Berikut 3 ciri alergi susu sapi pada bayi yaitu:

1. Rekasi cepat

Bayi alergi susu sapi / Ist.

Bayi alergi susu sapi / Ist.

Dalam reaksi ini gejala alergi akan terlihat dalam waktu 45 menit setelah anak minum susu sapi. Hati-hati apabila muncul bintik merah (seperti campak) atau gatal pada kulit bayi. Biasanya juga menyerang gangguan sistem saluran napas, bersin, hidung dan mata gatal, dan mata merah.

Comment di sini