Cara Cerdas Menjadi Orangtua Tunggal

by
March 13th, 2014 at 11:43 am

CiriCara.com - Orangtua tunggal atau juga yang disebut single parent bukan menjadi keinginan siapapun. Siapa sih yang ingin menjadi orang tua tunggal. Semua pasti tak ada yang mau mengalaminya. Namun jangan pernah takut bila hal tersebut sudah terjadi. Demi anak-anak pasti semua bisa dilakukan walaupun itu tidaklah mudah.

Sangat sedih memang, karena anak tumbuh dalam keluarga yang tak utuh. Orangtua tunggal harus bisa menjadi dua sosok sekaligus, yaitu menjadi sosok ayah dan ibu untuk anak-anaknya. Dan sebagai orangtua tunggal harus bisa memenuhi segala keperluan, seperti keperluan anak,rumah tangga dan keperluan diri sendiri.

Agar bisa membantu menjadi sosok orangtua tunggal yang baik, menjaga kesehatan secara emosional, penting untuk membangun sebuah hubungan dengan orang lain yang dapat membantu Anda menyelesaikan permasalahan sebagai orangtua tunggal.

Berikut bagaimana cara berperan sebagai orangtua tungga seperti dilansir dari Republika:

1. Jangan menyalahkan

Mengajari anak tentang matematika / Ist.

Mengajari anak / Ist.

Menjadi orangtua tunggal, terkadang suka menyalahkan diri sendiri, anak, dan juga keadaan. Hadapi apa yang sudah terjadi. Karena semua itu memang sudah jalan hidup Anda yang tak bisa dihindari. Jangan pernah menyalahkan siapapun. Anda harus bangkit demi masa depan anak-anak dan Anda sendiri. Selalu menyalahkan tak akan memberi jalan keluar apapun.

Comment di sini