AS Selidiki Kemungkinan Pesawat MH370 Dibajak

by
March 14th, 2014 at 3:47 pm

Washington (CiriCara.com) – Berbagai spekulasi terus beredar mengenai hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 rute Kuala Lumpur-Beijing. Para penyidik Amerika Serikat (AS) pun dikabarkan tengah menyelidiki salah satu spekulasi yang beredar, yakni dugaan adanya aksi pembajakan di pesawat MH370 tersebut.

maskapai Malaysia Airlines

Malaysia Airlines – Ist

Seperti dilansir News.com.au, salah satu sumber AS mengatakan bahwa tim penyidik tengah melakukan penyelidikan mengenai dugaan adanya pembajakan. Hal ini mengacu pada penemuan bahwa seseorang di pesawat MH370 diketahui dengan sengaja mematikan transponder pesawat sebelum akhirnya pesawat dinyatakan hilang.

Menurut sumber tersebut, tim penyidik AS menduga pesawat tersebut telah dibawa ke tempat lain dan para penumpangnya disandera.

“Penyidik kini tengah mengejar kemungkinan bahwa pesawat dialihkan dengan maksud untuk dimanfaatkan nanti untuk tujuan lain,” kata sumber tersebut kepada The Wall Street Journal, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (14/3/2014).

Baca juga: Spekulasi Pesawat MH370 Terjebak di Segitiga Bermuda.

The Wall Street Journal pun sempat mengabarkan ada informasi yang menyebutkan bahwa pesawat MH370 masih terbang hingga 4 jam, setelah dinyatakan hilang. Jika informasi itu benar, itu artinya pesawat bisa terbang ke tempat lain, bukan ke Bandara Beijing.

Dengan melihat jenis pesawat MH370 yang merupakan Boeing 777-200 ER, waktu 4 jam bisa digunakan untuk terbang sampai ke tempat sejauh Samudera Hindia, perbatasan Pakistan, atau bahkan Laut Arab.

Hal itu lah yang membuat tim penyidik AS kini memperluas wilayah pencarian pesawat MH370. Tim penyidik AS kabarnya sudah melebarkan pencarian hingga ke Samudera Hindia dengan mengerahkan kapal USS Kidd.

Sebelumnya, media Straits Times menuliskan bahwa sikap otoritas Malaysia yang tidak konsisten memicu kecurigaan adanya negosiasi rahasia dengan pelaku pembajakan pesawat. Diduga, otoritas Malaysia secara diam-diam tengah melobi pelaku pembajakan untuk membebaskan para penumpang pesawat MH370.

Benarkah pesawat Malaysia Airlines MH370 dibajak? Bagaimana menurut Anda?

(YG)

Comment di sini