Cara Untuk Meringankan Batuk Kronis

by
March 14th, 2014 at 2:46 pm

CiriCara.com – Hampir semua orang pernah mengalami sakit batuk, baik balita sampai orangtua. Biasanya orang yang terkena batuk akan sembuh paling lama tiga hari. Setelah itu, tubuh akan kembali sehat seperti biasanya.

batuk

Batuk kronis – Ist

Namun jika batuk yang diderita tidak kunjung sembuh melebihi 14 hari, itu artinya Anda menderita batuk kronis. Penyebab batuk kronis ini bisa bermacam-macam, salah satunya adalah kuman Bordetella pertussis.

Tenggorokan dan sistem penapasan penderita batuk kronis biasanya akan terasa gatal dan muncul lendir yang membuat sulit bernapas. Untuk mengobatinya, Anda bisa segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab batuk kronis tersebut.

Bagi Anda yang belum sempat pergi ke dokter, berikut ada beberapa cara untuk meringankan batuk kronis yang tak kunjung sembuh:

1. Konsumsi banyak cairan

Minum air putih akan membantu meringankan rasa gatal dan mencegah iritasi di tenggorokan. Selain air putih, jus buah segar juga bisa membantu membersihkan tenggorokan. Jika tenggorokan sudah tidak terasa gatal, maka batuk bisa berkurang.

2. Istirahat yang cukup

Penderita batuk kronis biasanya akan mudah lelah. Agar tubuh tetap segar, Anda pun disarankan untuk memperbanyak waktu istirahat. Saat istirahat, biasanya tubuh akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan penyakit batuk.

3. Makan dengan rutin

Saat sakit, tubuh mungkin akan menolak makanan yang Anda konsumsi. Meskipun demikian, Anda tetap harus makan secara rutin. Tidak makan hanya akan membuat tubuh lemah sehingga proses penyembuhan pun akan berlangsung lama.

batuk kering

Batuk kering – Ist

4. Berkumur air garam

Air garam ternyata bisa mengurangi rasa sakit dan mencegah infeksi di tenggorokan. Saat tenggorokan terasa gatal atau sakit, Anda bisa berkumur-kumur dengan menggunakan ramuan air garam tersebut. Dengan demikian, tenggorokan akan kembali terasa nyaman.

5. Jangan banyak bicara

Banyak bicara juga bisa membuat batuk kronis justru jadi semakin parah. Apalagi jika bicara dengan nada tinggi, tenggorokan Anda bisa terasa sakit. Karenanya, bicarakan dengan halus jangan sambil marah-marah agar batuknya tidak semakin parah.

Jika batuk yang diderita tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda periksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi batuk yang Anda derita itu disebabkan oleh penyakit lain, seperti penyakit paru-paru.

(YG)

Comment di sini