Intimate Moment: Wilgo (William Gomez) Part 1

by
March 14th, 2014 at 1:08 pm

Di artikel Intimate Moment kali ini, CiriCara.com akan menceritakan tentang percakapan kami dengan Wilgo, seorang musisi muda yang sedang naik daun.  Lagu terbaru Wilgo “Tak Mau Main-Main” saat ini sedang sering diputar di radio-radio.

Wilgo (William Gomez)

Langsung saja simak percakapannya di bawah ini:

Awalnya Terinspirasi oleh Michael Jackson dan Aerosmith

AH: Sejak kapan Wilgo tertarik dengan musik?

Wilgo: Pas umur 6 tahun melihat musisi dan pemain band on tv (di TV). Seperti Michael Jackson “Double Platinum” jadi minta di beliin Piano. Tapi dibeliin organ instead by Mom (sama Mama). Jadinya dipaksa tapi akhirnya hate it (nggak suka). Tapi ngga suka karena injek2 kaki dan juga pakai tangan ngga make sense for me (masuk akal). Sampai umur 12 ngeliat Aerosmith film “Armageddon” music video ada Steve Tyler dan gitaris keren “rock star”

Wilgo BENCI lagu-lagu Boyband!

AH: Ada yang suka menyanyi di keluarga selain Wilgo?

Wilgo:My Mom (Mama saya),karena dia nyanyi di koor gereja. Koko saya sebenernya juga suka nyanyi tapi annoying (nyebelin) kalo nyanyi. Dia suka nyanyi boyband songs and I hated it.

For some reason I don’t like boyband songs (Ngga tahu kenapa saya tidak suka lagu-lagu boyband).. Dari umur 12, CD-CD yang saya beli adalah Jazz, Standards, Cosanova. Sedangkan koko saya sukanya Backstreet Boys, A1, MLTR semua ada dia…kayak cewe sih dia menurut saya.

AH: Jenis Musik yang paling disukai oleh Wilgo?

Wilgo: Dari kecil sampai sekarang masih suka Jazz. Sekarang kan musik berubah banget dari Pop, Elektro Pop, Trans Pop. Sekarang jadi yang paling suka mungkin ada dua: Jazz dan Rap music.

One Direction, Aerosmith, Michael Jackson, Jay-Z dan John Mayer … apa persamaan mereka?

AH: Kalau ada kesempatan untuk open performance untuk anybody siapa yang Wilgo pilih?

Wilgo: Kalau opening yang OK banget sih, kalau dapet sih……. One Direction. Kayanya seru deh! Kayanya mereka mau ke Indonesia deh.

AH: Famous musician (musisi terkenal) yang paling Wilgo admire (suka)?

Wilgo: Aerosmith, Michael Jackson, Jay-Z suka banget karena dia produser juga dan John Mayer.

Cara Wilgo latihan musik dan menyanyi

Wilgo 2002

AH: Berapa lama Wilgo latihan main musik atau latihan nyanyi biasanya?

Wilgo: Dari kecil bisa sejam-dua jam tergantung kalau lagi ngulik lagu apa kita mainin terus latihan skill sampai bisa.. Kalau nyanyi banyakan natural sambil main musik sambil nyanyi, trus di LA (Los Angeles) pernah sekolah musik sama guru lumayan terkenal yang pernah coaching (melatih) Michael Jackson juga. Jadi dari situ kebanyakan ya practice (latihan) sendiri aja.

Hobi  yang berhubungan dengan kopi

AH: Ada hobi lain selain main musik atau nyanyi yang fans Wilgo belum tau?
Wilgo: Mmmmm ….Barista.. baru 2 tahun ini… karena suka kopi, tasting (mencoba-coba) kopi, tasting minuman itu suka banget. Jadi bikin kopi …barista!

kopi Wilgo

AH: Jadi jenis favorit kopi Wilgo?

Wilgo: Kopi kan banyak macem-macemnya… jadi kalau di sini pastinya Indonesian coffee biasanya Arabica tapi kalau yang enak sebenernya Toraja.

Dari semuaaaa kopi yang pernah dicoba dari cara roasting medium to heavy (pemanggangan medium ke berat) yang paling enak to me is Toraja, karena Toraja coffee itu sweet and sour (manis dan asam) jadi ada manisnya dan juga acidic-nya (asamnya) diujung.

Ngga ada nafsu makan sebelum manggung

AH:Kalau sebelum perform nervous ngga?

Wilgo: Of course! Pasti ada nervous dikit…

AH: Jadi cara overcome-nya (mengatasinya) bagaimana?

Wilgo: Kalau sebelom gua perform pasti ngga akan makan … paling 3 jam sebelum perform soalnya ngga ada appetite (selera makan). Trus biasanya jangan terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein. Terutama kopi . Jadi biasa minum Red Bull aja.

Pokoknya sesuatu yang bisa bikin high energy (meningkatkan energi). Selain itu practice intonasi, stretching (perenggangan) dan loosen ups (pendinginan).

AH:Performance (penampilan) yang paling memorable (berkesan) buat Wilgo?

Wilgo: Di Kalimantan, waktu itu ada ultah Kota Baru yang sekian ratus tahun. Outdoor di Balai Kota-nya, jadi liat lautan manusia dari ujung ke ujung. Ke sananya aja 9 jam naik bus tapi “wow” ya sangat besar acaranya.

Tips bagi yang ingin jadi penyayi

AH: Ada tips bagi kawula muda yang ingin jadi penyanyi?

Wilgo: Kalau ingin jadi penyanyi advise-nya(nasihatnya) simple: “Be Yourself”! Maunya apa, sukanya apa, jangan pernah terlalu menutup diri. Kalau orang Indo sering bilang “Idealistic”, jadi kita harus bisa membuka diri supaya ngeliat yang enak didenger gini lho.

Jadi alangkah baiknya kita bermain musik yang enak didengar oleh orang lain, kecuali kalau kita main musik untuk diri kita sendiri. Apa yang orang suka tapi kita juga seneng mainnya!

AH: Penyanyi Indonesia yang paling digemari Wilgo?
Wilgo: Yang gua suka so far dari lagu, cara nyanyi dan arrangement: Glenn Fredly. Jadi alurannya pas ngga rasa “Jadul” kalo dengerin dia. Ada juga Gugun Blues Shelter, atau Gugun and The Blues Shelter mereka dah go international tapi blues band bertiga. Dah pernah ketemu, ngobrol-ngobrol dengan mereka.

Lanjut ke Part2 : Wilgo menceritakan pengalaman depresinya dan tantangan sebagai musisi. Untuk para fans Wilgo, ada cara ketemu Wilgo yang dijamin berhasil di bagian ini!

Comment di sini