Kualitas Udara di Riau Capai Level Berbahaya

by
March 14th, 2014 at 1:21 pm

Riau (CiriCara.com) – Masalah kabut asap di sejumlah wilayah Riau hingga saat ini masih belum teratasi. Bahkan kabut asap akibat pembakaran lahan ini dirasa semakin pekat pada Kamis (13/3/2014) kemarin.

kabut asap riau

Tingkat polusi udara di Riau – Ist

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa kabut asap itu mengakibatkan jarak pandang berkurang, hanya mencapai 300 meter. Kualitas udara di Riau pun masuk level berbahaya.

“Kondisi kualitas udara sudah pada level berbahaya di sebagian besar daerah di Riau,” kata Sutopo melalui pesan singkat, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (14/3/2014).

Baca juga: Cara Mencegah Bahaya Kabut Asap di Riau.

Untuk mengurangi kepekatan asap, Sutopo mengatakan bahwa satu pesawat Hercules C-130 dari Lanud Halim Perdanakusuma akan dikerahkan untuk memodifikasi cuaca di Riau. Pasalnya, cuaca di Riau belum turun hujan.

Sementara itu, alat ground based generator system sprayer pun akan dioperasikan untuk mengurangi kepekatan asap di udara. Pasalnya, sejumlah penerbangan di Bandara SSK II Pekanbaru saat ini masih terganggu karena jarak pandang yang terbatas.

“Diharapkan jarak pandang lebih baik dan penerbangan dapat dilakukan,” kata Sutopo.

Tidak hanya rekayasa cuaca, menurut Sutopo, sebanyak 582 personil gabungan dari Polri, Kemenhut, dan Kemtan serta Pemprov Riau pun ikut dikerahkan untuk memburu pelaku pembakaran lahan atau hutan. Laporan terakhir, sebanyak 40 orang sudah ditetapkan sebagai tersangka pembakaran.

“Sehingga ruang gerak individu atau kelompok yang membakar tidak leluasa,” kata Sutopo.

Selain mengganggu aktivitas warga, kabut asap itu juga membahayakan kesehatan. Sebanyak 53.553 warga dilaporkan mulai terserang penyakit, mulai dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), sakit mata, asma, pneumania (kelelahan), dan penyakit kulit.

(YG)

Comment di sini