Jadi Capres, Jokowi Akan Digugat ke Pengadilan

by
March 17th, 2014 at 1:28 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Joko Widodo alias Jokowi akhirnya resmi menjadi calon presiden dari PDIP. Namun, hal itu mendapat penolakan dari Tim Advokasi Jakarta Baru yang dulu membantu Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 lalu.

jokowi

Joko Widodo (Jokowi) – Ist

Koordinator Tim Advokasi Jakarta Baru Habiburokhman mengatakan bahwa pihaknya akan melayangkan gugatan kepada Jokowi terkait pencapresannya. Rencananya, gugatan itu akan dimasukkan ke Pengadilan Negeri, Jakarta Pusat, Rabu 19 Maret 2014 mendatang.

“Kami sekarang sedang mengumpulkan bukti-bukti seperti video atau kontrak tertulis,” kata Habiburokhman, seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (17/3/2014).

Habiburokhman mengatakan bahwa pihaknya membantu Jokowi-Ahok saat Pilkada DKI dulu, karena yakin pasangan ini bisa menyelesaikan masalah di Jakarta. Namun, hal ini berbuntut kekecewaan karena Jokowi akhirnya memutuskan untuk jadi Capres PDIP.

Habiburokhman pun menilai Jokowi telah meninggalkan tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta yang belum terselesaikan. “Kami merasa kecewa dan keberatan. Ini bukan urusan beliau mau nyapres, tapi perkara beliau meninggalkan tugas,” katanya.

Keputusan Jokowi maju menjadi Capres dari PDIP pun dianggap Habiburokhman sebagai perbuatan yang tidak patut. Menurut pandangan Habiburokhman, niat Jokowi itu merupakan perbuatan melawan hukum seperti diatur dalam KUH Perdata.

Selain menjadi Koordinator Tim Advokasi Jakarta Baru, Habiburokhman juga diketahui menjadi pengurus DPP Partai Gerindra. Namun, Habiburokhman membantah penolakan Tim Advokasi itu terkait dengan Partai Gerindra yang juga kecewa dengan pencalonan Jokowi.

“Tidak ada hubunganya. Terlalu picik kalau menghubungkan ke sana. Tak semua anggota Tim Advokasi Jakarta Baru itu kader Gerindra,” bantah Habiburokhman.

Seperti diketahui, pencapresan Jokowi yang diungkap pada Jumat (14/3/2014) lalu memang mengejutkan. Berbagai macam respon pun muncul dari sejumlah kalangan, termasuk respon penolakan Capres Gerindra, Prabowo Subianto.

(YG)

Comment di sini