Rokok Elektrik Lebih Aman dari Rokok Biasa?

by
March 17th, 2014 at 11:39 am

CiriCara.com – Rokok elektrik atau rokok elektronik saat ini sudah mulai banyak beredar di masyarakat Indonesia sebagai pengganti rokok biasa atau rokok tembakau. Rokok elektrik ini makin populer karena diklaim lebih aman dari rokok biasa. Benarkah?

rokok elektronik

Rokok Elektrik – Ist

Berbeda dari rokok biasa, rokok elektrik ini tidak mengeluarkan asap pembakaran. Rokok elektrik juga tidak akan meninggalkan bau menyengat. Itu lah sebabnya, mulai banyak yang beralih ke rokok elektrik.

Namun dari segi kesehatan, kabar rokok elektrik lebih aman dari rokok tembakau itu tidak benar. Rokok elektrik ini juga memiliki nikotin yang sama beracunnya dengan rokok biasa. Itu artinya, baik rokok elektrik maupun rokok biasa itu sama-sama berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: 10 Bahaya Rokok Biasa yang Perlu Anda Ketahui.

Guru besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Profesor Hasbullah Thabrany menegaskan bahwa rokok dalam bentuk apa pun sejauh memiliki nikotin tetap saja bersifat adiktif dan berbahaya bagi kesehatan.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Profesor Tjandra Yoda Aditama juga mengatakan bahwa ada zat kimia berbahaya di dalam rokok elektrik. Zat tersebut merupakan campuran zat seperti nikotin dan propilen glicol.

Menurut Profesor Tjandra, sejumlah produk rokok elektrik juga ada yang mengandung nitrosamin (penyebab kanker), logam beracun (cadmium, nickel, dan timbal), Carbonyls (penyebab kanker), dan komponen organik yang mudah menguap serta rusak di suhu ruang.

CiriCara: Cara Berhenti Merokok“Produk-produk (rokok elektrik) tersebut belum diatur ataupun dimonitor sehingga kandungan zat tiap merek sangat bervariasi,” jelas Profi Tjandra.

Sementara itu, Asosiasi Paru Kanada (The Canadian Lung Association) mengungkapkan hasil penelitian bahwa rokok elektrik sama berbahayanya dengan rokok biasa. Karenanya, diimbau agar jangan percaya dengan iklan rokok elektrik yang mengklaim bagus untuk kesehatan.

“Rokok elektrik berpotensi merusak paru dan sama sekali tidak terbukti dapat menjadi solusi bagi orang yang ingin berhenti merokok,” kata Margaret Benhardt-Lowdon, juru bicara Assosiasi Paru Kanada.

Itu artinya, baik rokok elektrik maupun rokok biasa, keduanya sama-sama berbahaya untuk kesehatan. Jika ingin hidup sehat, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang, baik itu rokok elektrik maupun rokok biasa.

(YG)

Comment di sini