Cara Hemat Agar Bisa Menabung

by
March 18th, 2014 at 2:22 pm

CiriCara.com – Bagi sebagian orang kegiatan menabung itu sulit dilakukan. Berbagai alasan pun sering dituding sebagai penyebab mereka tidak bisa menabung. Mulai dari penghasilan yang kecil hingga adanya kebutuhan mendesak.

cara hemat agar bisa menabung

Hemat – Ist

Hampir semua orang sudah tahu bahwa menabung itu akan berguna untuk masa depan. Kebiasaan gemar menabung pun sudah diajarkan sejak kecil, bahkan di sejumlah sekolah dasar pun ada yang mengadakan kegiatan menabung.

Namun kenyataannya, kebiasaan menabung itu tidak bisa berlanjut hingga dewasa. Banyak pelajar maupun para pekerja yang mengaku tidak bisa menabung. Uang yang mereka dapat setiap bulannya selalu habis untuk membeli ini itu.

Apakah Anda juga sulit menabung? Berikut ada cara mudah menabung yang bisa Anda coba:

1. Simpan rekening tabungan

Anda bisa menggunakan rekening tabungan untuk menyimpan uang setiap bulannya. Jika ada ATM, sebaiknya ditinggal di rumah. Tujuannya agar Anda tidak bisa leluasa mengambil uang yang ada di tabungan tersebut. Dengan demikian uang tabungan Anda bisa aman.

2. Simpan uang kembalian

Setiap kali pulang kerja atau sekolah, periksa semua kantong baju dan celana Anda. Jika ada uang sisa (receh atau ribuan), segera simpan di celengan. Uang kembalian ini mungkin bernilai kecil, namun jika dikumpulkan maka akan menjadi banyak.

3. Hemat biaya telekomunikasi

Saat ini ponsel sudah menjadi bagian hidup yang tidak bisa dipisahkan. Namun, Anda tetap tidak boleh boros. Pilih provider ponsel yang murah dan hindari obrolan yang tidak penting. Ada baiknya mengobrol secara langsung, kecuali saat situasi mendesak. Dengan menghemat pulsa, itu artinya akan ada uang lebih untuk ditabung.

tabungan

Menabung – Ist

4. Makanan yang sehat

Saat ini memang sudah banyak penjual makanan, namun ada baiknya Anda membuat makanan sendiri. Hal ini karena makanan buatan sendiri lebih terjamin kebersihannya dan lebih sehat. Dengan membawa bekal dari rumah, itu artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan. Uang tersebut pun bisa ditabung.

5. Hobi jalan kaki

Selain menyehatkan, hobi jalan kaki ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda. Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk ongkos kendaraan atau membeli bensin. Itu artinya, uang yang tadinya untuk ongkos tersebut bisa ditabung.

Kebiasaan menabung itu tidak akan bisa terlaksana jika Anda tidak mempunyai kemauan yang kuat untuk menabung. Selain cara-cara di atas, Anda pun harus yakin kan diri agar bisa menabung. Semoga berhasil!

(YG)

Comment di sini