Indonesia dan AS Dituding Kerjasama Hilangkan MH370

by
March 18th, 2014 at 10:14 am

CiriCara.com – Keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Sabtu (8/3/2014) lalu, hingga kini masih belum diketahui. Media Malaysia, Utusan, pun menduga adanya sebuah konspirasi terkait hilangnya pesawat jenis Boeing 777-200ER tersebut.

pesawat malaysia airlines

Malaysia Airlines – Ist

Mengutip Cabal Times, Utusan menyebut pesawat Malaysia Airlines MH370 diterbangkan ke Pangkalan Amerika Serikat (AS) di Diego Garcia, sebuah kepulauan di Samudera Hindia. Hilangnya pesawat MH370 itu disebut-sebut sebagai skenario AS.

Tidak hanya itu, Utusan juga menyebut Indonesia ikut berkerjasama dalam menyembunyikan pesawat MH370 itu. Pasalnya, pesawat MH370 yang terbang ke Pangkalan AS sempat terdeteksi oleh radar Indonesia.

Namun, menurut Utusan, karena Indonesia punya kesepakatan dengan AS, maka pendeteksian radar tersebut pun tidak diungkap ke publik. Media asal Malaysia ini menuding adanya konspirasi antara Indonesia dengan AS.

Baca juga: Dukun Malaysia Sebut Pesawat Malaysia Airlines MH370 Terjebak di Alam Gaib.

Sementara itu, Staf Khusus Kemhan Bidang Luar Negeri Sumardi Brotodiningrat langsung membantah tudingan tersebut. Menurut Sumardi, tudingan konspirasi tersebut sangat lucu, pasalnya Indonesia sendiri masih ikut mencari MH370 hingga sekarang.

“Loh kita kan membantu mereka, salah satu dari 25 negara yang bantu mencari (MH370), sampai sekarang,” kata Sumardi di Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat no 13-14, Jakarta Pusat, Senin (17/3/2014) kemarin.

Sumardi pun membantah dugaan bahwa pihak Indonesia sudah mengetahui keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370 itu. Pasalnya, menurut Sumardi, tim pencari dari Indonesia hingga saat ini masih belum mendapatkan petunjuk apa pun.

“Saya mengamati terus, kita belum tahu pesawatnya di mana,” kata Sumardi.

Terkait tudingan Indonesia kerjasama dengan AS, Sumardi pun meminta agar pihak Malaysia segera mengklarifikasinya. Menurut Sumardi, tudingan itu harus dijelaskan secara jelas keterlibatan Indonesianya.

(YG)

Comment di sini