Muncul Teori Pesawat MH370 Alami Kebakaran

by
March 19th, 2014 at 11:30 am

Kuala Lumpur (CiriCara.com) – Sudah sepekan lebih pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang. Sejumlah teori pun muncul sebagai dugaan dari penyebab hilangnya pesawat tersebut. Teori pembajakan dan serangan teroris menjadi yang paling ramai dibahas.

malaysia airlines

Pesawat Malaysia Airlines – Reuters

Namun, baru-baru ini muncul teori bahwa pesawat MH370 tersebut mungkin mengalami kebakaran saat mengudara. Hal itu diungkapkan oleh pilot veteran, Chris Goodfellow seperti dilansir News.com.au, Rabu (19/3/2014).

Goodfellow mendapat teori tersebut setelah melihat fakta bahwa pesawat MH370 tiba-tiba membelok ke kiri. Menurutnya, itu adalah salah satu langkah penyelamatan dari pilot pesawat MH370 karena terjadi kebakaran.

“Ketika saya melihat belok kiri tersebut, insting saya mengatakan dia mengarah ke sebuah bandara,” tulis Goodfellow dalam postingannya di Google+.

Menurut Goodfellow, para pilot memang dilatih untuk tahu bandara apa yang paling dekat selagi mengudara. Hal ini bertujuan agar pesawat bisa segera didaratkan untuk mendapat pertolongan.

Dalam teorinya, Goodfellow menjelaskan bahwa tak lama setelah lepas landas, asap mulai memenuhi kokpit pesawat MH370. Asap ini bisa berasal dari kebakaran pada roda pendaratan depan. Ada kebakaran, pilot pun langsung membelokan pesawat ke arah bandara terdekat.

Menurut Goodfellow, bandara terdekat saat itu adalah di Pulau Langkawi, Malaysia. Pilot MH370 pun memporgram komputer penerbangan. Program auto-pilot kemudian membuat pesawat putar balik untuk mengarah langsung ke Pulau Langkawi.

Malaysia Airlines

Rute Malaysia Airlines yang hilang – Ist

Sementara itu, Goodfellow menduga, karena sudah diprogram dengan auto pilot, pilot dan kopilot MH370 pun kemudian mencoba menemukan sumber asap dan api. Karena masih dalam penerbangan, kemungkinan asap dan api jadi semakin membesar.

Kondisi tersebut bisa membuat sistem pesawat mati satu per satu, termasuk transponder, sehingga tidak ada sinyal darurat. Goodfellow menduga, mungkin saat api membesar pilot dan kopilot itu pun pingsan atau bahkan meninggal.

Karena pesawat masih dalam program auto-pilot, maka pesawat tersebut tetap terbang selama 6-7 jam hingga pesawat pun kehabisan bahan bakar dan jatuh. Goodfellow yang merupakan pilot kawakan asal Kanada ini menduga bangkai pesawat MH370 itu bisa ditemukan di rute Pulau Langkawi hingga Samudera Hindia.

Bagaimana, apakah Anda setuju dengan teori dari Goodfellow tersebut?

(YG)

Comment di sini