Pesawat MH370 Terbang Sembunyi di Balik Pesawat Lain?

by
March 19th, 2014 at 5:02 pm

Kuala Lumpur (CiriCara.com) – Misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 hingga saat ini masih belum terpecahkan. Sejumlah teori mengenai penyebab hilangnya pesawat MH370 tersebut pun masih terus bermunculan.

malaysia airlines

Titik yang diduga jadi titik pertemuan pesawat MH370 dan SQ68 – Ist

Blogger dan pengamat penerbangan Keith Ledgerwood, baru-baru ini mengungkapkan sebuah teori bahwa pesawat MH370 terbang “sembunyi” di balik pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ68, rute Singapura-Barcelona.

Baca juga: Muncul Teori Malaysia Airlines Alami Kebakaran.

Ledgerwood menduga bahwa pesawat MH370 menggunakan pesawat SQ68 untuk menghindari radar militer. “Pendapat saya adalah MH370 menyelinap dari Teluk Benggala dengan menggunakan SQ68 sebagai penutup yang sempurna,” katanya.

Menurut perkiraan Legerwood, pesawat MH370 dan SQ68 sebelumnya telah bertemu di satu titik. Dan saat bertemu itu lah, MH370 terbang di balik SQ68. Yang dimaksud terbang di balik bayangan pesawat lain ini, MH370 bisa menaikkan dan menurunkan ketinggian untuk menghindari radar.

Dalam teorinya, Ledgerwood mengungkapkan bahwa pesawat MH370 bersembunyi di balik pesawat SQ68 untuk menuju ke suatu tempat. “Kemudian (MH370) keluar dari bayang-bayang SQ68 lalu kemungkinan besar mendarat di salah satu dari sejumlah lokasi landasan di utara India dan Afghanistan,” jelas Ledgerwood.

Lalu kenapa pesawat SQ68 tidak mendeteksi kehadiran MH370?

Ledgerwood menjelaskan bahwa kemungkinan pesawat MH370 tidak terdeteksi SQ68 karena sudah mematikan transpondernya. Namun, MH370 masih bisa mendeteksi SQ68 dengan cara mendengarkan perintah ATC jika pilot yang menerbangkannya memantau frekuensi radio yang sama.

Meskipun demikian, teori tersebut masih diragukan oleh sejumlah ahli. Pasalnya, praktik terbang bersembunyi itu sangat sulit untuk dilakukan.

(YG)

Comment di sini