Alasan Umum Orang Malas ke Dokter

by
March 20th, 2014 at 3:26 pm

CiriCara.com – Sebagian masyarakat Indonesia lebih memilih pengobatan alternatif dibanding periksa ke dokter. Mereka lebih mempercayai pengobatan alternatif yang kurang jelas metode pengobatannya dibanding ilmu kedokteran yang telah terbukti secara ilmiah.

pergi ke dokter

Dokter – Ist

Fenomena pergi berobat ke dukun cilik atau ke orang yang dianggap pintar pun sudah menjadi hal yang biasa di masyarakat. Padahal, saat ini sudah banyak rumah sakit yang menyediakan alat kesehatan yang lengkap serta tenaga medis yang handal.

Ada banyak faktor yang menyebabkan masyarakat lebih memilih pengobatan alternatif dibanding periksa ke dokter. Salah satunya adalah asumsi masyarakat yang menganggap rumah sakit itu hanya untuk orang kaya.

Berikut alasan umum kenapa orang malas ke dokter, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Biaya yang mahal

Banyak orang mengaku malas periksa ke dokter karena biayanya mahal. Mulai dari biaya operasi, sewa ruangan rawat inap, dan harga obat, bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Hal ini lah yang membuat masyarakat enggan pergi ke dokter.

2. Proses birokrasi rumit

Biasanya pihak rumah sakit punya prosedur tertentu sebelum pasien mendapat perawatan. Terutama bagi pasien dengan pengguna kartu miskin, mereka diharuskan untuk melengkapi sejumlah data agar bisa mendapat perawatan. Hal ini dianggap terlalu rumit bagi sejumlah masyarakat.

3. Obat yang mahal

Sejumlah masyarakat mengaku kaget saat diminta untuk menebus obat yang telah diresepkan oleh dokter. Pasalya, harga obat tersebut mahal, padahal pasien cuma sakit flu dan batuk. Akibatnya mereka pun kapok untuk pergi ke dokter karena merasa sudah dirugikan.

kolestero tinggi pada wanita

Kolesterol Tinggi – Ist

4. Diagnosis dokter beda-beda

Ada pasien yang memilih periksa ke beberapa dokter. Tapi, pasien tersebut malah jadi bingung karena dokter-dokter yang dia datangi itu memberikan diagnosis penyakit berbeda-beda. Hal ini lah yang membuat masyarakat ragu dengan kemampuan dokter.

5. Percaya mistik dan pasrah

Sejumlah masyarakat ternyata masih ada yang percaya dengan hal-hal mistis yang bisa menyembuhkan suatu penyakit. Tak heran, mereka lebih memilih pergi ke dukun dibanding ke dokter. Beberapa orang bahkan memilih membiarkan penyakitnya.

Namun, saat ini pemerintah sudah mulai membuat program pengobatan gratis untuk masyarakat kurang mampu. Diharapkan dengan program ini masyarakat bisa periksa ke dokter dengan biaya yang murah.

(YG)

Comment di sini