Kisah Inspiratif Tentang Arti Sebuah Kesuksesan

by
March 20th, 2014 at 2:43 pm

CiriCara.com – Makna kesuksesan tidak akan sama antara seorang dengan yang lainnya. Seseorang bisa saja merasa sukses saat ia menjadi kaya, sementara orang lainnya akan merasa sukses saat ia sudah menyelesaikan studi atau pekerjaannya.

Tidak ada penjelasan yang gamblang mengenai sukses di dunia ini. Semua tergantung pada definisi kita masing-masing. Tujuan utama dari sebuah kesuksesan adalah mendatangkan kebahagian dan kepuasan. Sayangnya banyak orang tidak pernah merasa bahagia dan puas karena terlalu sibuk memberi persyaratan kepada rasa bahagian itu sendiri.

Nelayan / Ist.

Nelayan / Ist.

Mereka akan merasa bahagia jika sudah memiliki harta melimpah, jika sudah diberi kedudukan tinggi, atau sudah setara sama seperti orang-orang hebat lainnya. Akhirnya karena tidak pernah merasa puas dan bersyukur, semua cara mereka coba demi mendapat kesuksesan tersebut.

Cerita berikut ini akan membuka pandangan kita semua tentang arti sebuah kesuksesan dan kebahagiaan dan bagaimana kita harus bersyukur atas semua yang telah kita dapatkan.

***

Alkisah ada seorang pebisnis dari Amerika yang sedang berdiri di pinggiran pantai di negara Meksiko bagian selatan. Ia sedang memperhatikan sebuah perahu kecil yang sedang dikemudikan oleh nelayan Meksiko. Nelayan itu sedang sibuk menggiring perahunya kembali ke pinggiran pantai.

Di dalam perahu kecilnya, terdapat beberapa ikan tuna yang besar. Hal ini menarik perhatian si pebisnis dari Amerika yang sedang bersantai tadi.

“Berapa lama Anda melaut sampai mendapatkan ikan-ikan itu?” tanya si pebisnis dari Amerika.

“Hanya beberapa jam saja,” jawab si nelayan.

“Kenapa Anda tidak melaut lebih lama dan menangkap lebih banyak ikan?” tanya si pebisnis lagi.

Kemudian sambil tersenyum nelayan dari Meksiko itu menjawab, “Dengan menjual ikan-ikan ini saja, saya sudah bisa menafkahi keluarga saya.” 

Si pebisnis rupanya semakin penasaran dengan jawaban si nelayan, “Lalu waktu yang tersisa, Anda gunakan untuk apa?”

Comment di sini