Teori Habibie: Pesawat MH370 Meledak di Udara

by
March 20th, 2014 at 5:03 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie yang juga merupakan pakar pesawat terbang ikut memberikan teori penyebab hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Menurut Habibie, pesawat tersebut meledak di udara.

habibie

BJ Habibie – Ist

“Saya yakin bahwa pesawat (Malaysia Airlines MH370) yang dicari itu tidak akan ditemukan, karena pesawat terbang itu meledak berkeping-keping di atas ketinggian 10 kilometer,” katanya di Jakarta, Kamis (20/3/2014).

Mengenai dugaan penyebab ledakan, Habibie tidak mau merincinya karena bisa dianggap mencemarkan nama baik pembuat pesawat. Namun, dia menambahkan, penyebab pasti ledakan itu bisa diketahui dari kotak hitam (black box) pesawat tersebut.

“Saya tidak bisa katakan apakah disebabkan dari sayap atau mesin pesawat karena kasihan pada pihak yang membuat komponen tersebut,” kata Habibie.

Mengenai pesawat yang sempat berbalik arah, Habibie menduga pilot menyadari adanya masalah sehingga pesawat diarahkan ke bandara terdekat agar bisa didaratkan. Namun karena ledakan itu terjadi begitu cepat, maka pilot pun tidak sempat mengirimkan sinyal darurat.

“Namun, dia (pilot) baru melihat deteksi pada monitor lalu meledak. Mungkin karena itu, pilot tidak sempat mengontak dan tidak sempat melaporkan kondisi ‘SOS’,” ujar Habibie.

Jika teorinya itu benar, lanjut Habibie, bangkai pesawat MH370 tersebut akan sangat sulit ditemukan. Hal ini karena ledakan yang terjadi di ketinggian 10 km itu akan membuat kepingan-kepingan pesawat terpencar ke segala arah.

Sebelumnya, seorang pilot kawakan asal Kanda pun membeberkan teori pesawat MH370 mengalami kebakaran. Menurut pilot tersebut, tanda pesawat balik arah itu bukan indikasi pembajakan, melainkan tanda bahwa sang pilot MH370 tengah berupaya melakukan penyelamatan.

(YG)

Comment di sini