Cara Mencegah Penyakit Keturunan

by
March 21st, 2014 at 2:56 pm

CiriCara.com – Kebanyakan orang mengabaikan penyakit yang turun-temurun terjadi dalam keluarganya. Mungkin saat ini Anda merasa baik-baik saja, tapi Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.

penyakit keturunan

Ilustrasi penyakit keturunan – Ist

Beberapa penyakit yang sering diwariskan orangtua ke anaknya adalah diabetes, darah tinggi, darah rendah, jantung, dan bahkan kanker. Untuk itu, Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan Anda mulai dari sekarang.

Cobalah untuk melihat riwayat penyakit yang sering diderita anggota keluarga Anda, entah itu dari keluarga ayah atau pun ibu. Jika salah satu di antaranya ada riwayat suatu penyakit yang sama, itu artinya Anda pun berisiko terkena penyakit tersebut.

Berikut cara mencegah penyakit keturunan:

1. Merubah pola hidup

Agar tidak terkena penyakit yang sama seperti anggota keluarga lainnya, Anda tentu harus merubah pola hidup. Cobalah untuk lebih aktif dalam berolahraga dan juga makan makanan yang sehat setiap harinya. Dengan demikian, penyakit keturunan bisa dicegah.

2. Hindari pemicu penyakit

Setelah tahu keluarga Anda punya riwayat penyakit keturunan, sebaiknya Anda hindari pemicu penyakit tersebut. Misalnya, diabetes, Anda sebaiknya menghindari konsumsi gula berlebih. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari risiko diabetes.

3. Periksa ke dokter

Penyakit keturunan bisa dicegah dengan penanganan medis. Anda bisa mengontrol kondisi kesehatan tubuh Anda sebelum benar-benar divonis menderita suatu penyakit karena faktor keturunan. Dengan demikian Anda bisa melakukan pencegahan lebih awal.

diabetes

Diabetes – Ist

4. Kekebalan tubuh

Cobalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Konsumsi makanan yang bisa menambah imun tubuh. Dengan demikian, tubuh akan tetap sehat sehingga penyakit keturunan pun tidak akan muncul.

5. Lakukan upaya pencegahan

Cari tahu penyakit keturunan apa yang berisiko menyerang Anda. Setelah Anda tahu, segera lakukan upaya pencegahan. Hindari semua hal yang bisa memicu munculnya penyakit keturunan tersebut. Dengan demikian, penyakit keturunan tidak akan bisa menyerang Anda.

Selain kelima cara di atas, Anda tentunya harus mempunyai gaya hidup yang sehat. Mulai dari rajin berolahraga sampai menjaga pola makan pun harus dilakukan secara rutin. Cara ini lah yang nantinya akan menghindarkan Anda dari penyakit keturunan.

(YG)

Comment di sini