Hilangnya Pesawat MH370 Sudah Direncanakan?

by
March 21st, 2014 at 3:45 pm

Canberra (CiriCara.com) – Hingga hari ke-14, pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 masih belum membuahkan hasil. Sejumlah pakar penerbangan pun bertambah yakin bahwa hilangnya pesawat MH370 itu telah direncanakan.

malaysia airlines

Pesawat Malaysia Airlines – Reuters

Neil Hansford, Ketua Strategi Aviation Solutions di Australia menyakini bahwa insiden hilangnya pesawat MH370 itu bukan karena kecelakaan. Hansford menduga ada keterlibatan kru pesawat sehingga bangkai pesawat sulit untuk ditemukan.

“Ini insiden yang terkait kru. Ini bukan ledakan yang berakibat fatal. Pesawat bukan terkena persenjataan militer,” kata Hansford yang juga merupakan pakar penerbangan Australia itu, seperti dilansir Daily Mail dan dikutip dari detik.com, Jumat (21/3/2014).

Menurut Hansford, kru pesawat sengaja mengarahkan MH370 ke tempat yang sulit ditemukan. Hal ini diungkapkan Hansford mengacu pada laporan ditemukannya dua obyek yang diduga puing pesawat MH370 di wilayah perairan Samudera Hindia yang amat luas dan dalam.

“Saya pikir itu (pesawat MH370) ditempatkan di sana (Samudera Hindia) oleh salah satu atau kedua kru, dan mereka telah memilih wilayah di mana pesawat tak akan ditemukan,” cetus Hansford.

Hansford sendiri tidak mau berspekulasi apakah hilangnya pesawat MH370 itu akibat aksi teroris atau lainnya. Namun yang pasti, lanjut Hansford, hilangnya pesawat dengan jenis Boeing 777-200ER itu memang sudah direncanakan dengan matang oleh pelaku.

“Itu pasti sesuatu yang telah terstruktur dengan baik dan terencana dengan matang,” ujar Hansford.

Dugaan Hansford itu diperkuat dengan laporan bahwa pesawat tersebut memiliki jumlah bahan bakar yang hampir dalam kapasitas penuh. Padahal, menurut Hansford, bahan bakar 45 persen saja sudah cukup untuk penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing, China.

Benarkah hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 memang sudah direncanakan? Kita tunggu saja perkembangan beritanya.

(YG)

Comment di sini